Peran Pengadilan Negeri Melalui Penetapannya Dalam Penyelenggaraan RUPS PT Sebagai Subjek Hukum Dalam Keadaan Status Quo (Studi Kasus Penetapan Pengadilan Negeri Bale Bandung Nomor 72/Pdt.P/2009/PN.BB)

Haryadi, Christian (2020) Peran Pengadilan Negeri Melalui Penetapannya Dalam Penyelenggaraan RUPS PT Sebagai Subjek Hukum Dalam Keadaan Status Quo (Studi Kasus Penetapan Pengadilan Negeri Bale Bandung Nomor 72/Pdt.P/2009/PN.BB). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Christian Haryadi_217181001.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab isi_Christian Haryadi_217181001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Christian Haryadi_217181001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
Lampiran_Christian Haryadi_217181001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)

Abstract

Perseroan Terbatas sebagai badan hukum yang diakui sebagai subjek hukum mempunyai hak dan kewajiban dalam lalu lintas hukum. Sebagai subjek hukum, Perseroan Terbatas diwakili oleh Direksi sebagai organ Perseroan Terbatas atau jika Direksi berhalangan tetap, diwakili oleh Dewan Komisaris,. Perseroan Terbatas dalam keadaan status quo jika Direksi dan Dewan komisaris telah berakhir masa jabatannya, dan adanya kepemilikan saham yang seimbang dalam Perseroan Terbatas yaitu masing masing memiliki 50 % (limapuluh) persen saham, dan jika tidak ada musyawarah mufakat maka Rapat Umum Pemegang Saham dalam mengangkat Direksi dan Dewan Komisaris baru tidak dapat mengambil keputusan yang sah. Penelitian yang dituangkan dalam tesis ini, untuk menjawab bagaimana peran Pengadilan Negeri dalam memberikan izin kepada pemegang saham yang mewakili 1/10 (satu persepuluh) bagian dari seluruh saham dengan hak suara, dan menetapkan syarat syarat Rapat Umum pemegang Saham agar Rapat Umum pemegang Saham dapat mengambil keputusan yang sah dan bagaimana rumusan dalam anggaran dasar Perseroan terbatas dalam mengatassi kepemilikan saham yang berimbang ini. Dalam menjawab masalah tersebut, dilakukan dengan menggunakan metode penelitian normatif, yaitu penelitian terhadap kepemilikan saham yang berimbang dimana Direksi dan Dewan Komisaris telah berakhir masa jabatannya, Hasil penelitian bahwa Pengadilan Negeri dapat menetapkan syarat pengambilan keputusan yang sah dalam Rapat Umum pemegang saham dan anggaran dasar dapat dibuat dengan klasifikasi saham seri A sebagai saham biasa dan saham dengan seri B sebagai saham tanpa hak suara. Kata Kunci: Pengadilan, RUPS PT, Status Quo

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Gunawan Djajaputra, S.H., S.S., M.H
Uncontrolled Keywords: Pengadilan, RUPS PT, Status Quo
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 05:42
Last Modified: 02 Nov 2023 08:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24988

Actions (login required)

View Item View Item