HUBUNGAN TEKANAN DARAH DENGAN DERAJAT PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT X DI JAKARTA BARAT PADA BULAN NOVEMBER TAHUN 2019

MAHAPUTERA, PRAMADIO (2019) HUBUNGAN TEKANAN DARAH DENGAN DERAJAT PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT X DI JAKARTA BARAT PADA BULAN NOVEMBER TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
MAHAPUTERA, PRAMADIO 405160233.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi adalah gangguan umum yang terkait dengan morbiditas yang cukup besar dan mempengaruhi banyak organ, termasuk jantung, otak, dan ginjal. Menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018, Prevalensi penderita Hipertensi di Indonesia adalah 34,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Hipertensi erat kaitannya dengan kesehatan ginjal dan data CDC tahun 2018 menunjukan hipertensi merupakan faktor utama pemicu terjadinya penyakit ginjal dan gagal ginjal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tekanan darah dengan derajat penyakit ginjal kronik di rumah sakit X di Jakarta Barat. Penelitian ini adalah studi analitik m enggunakan metode cross sectional dengan sampel berupa data rekam medis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 75 pasien hipertensi di Rumah Sakit X di Jakarta Barat pada tahun 2019 dengan 8 orang tidak mengalami penyakit ginjal kronik dan 67 orang mengalami penyakit ginjal kronik. Setelah dilakukan analisis statistik dengan menggunakan uji chi-square, didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistika anta ra tekanan darah dengan derajat penyakit ginjal kronik (p = 0.519).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tantoso, Lydia
Uncontrolled Keywords: tekanan darah, hipertensi, penyakit ginjal kronik, eGFR.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 02:45
Last Modified: 15 Dec 2022 08:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25025

Actions (login required)

View Item View Item