HUBUNGAN HIPERTENSI USIA MUDA DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PERIODE AGUSTUS – DESEMBER 2019

PUTRI, MONICA HANDOJO (2020) HUBUNGAN HIPERTENSI USIA MUDA DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PERIODE AGUSTUS – DESEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
PUTRI, MONICA HANDOJO 405160212.pdf

Download (801kB)

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah sistolik ≥ 90 mmHg. Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak ditemukan di negara berkembang termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, 22% orang didunia dan sebanyak 25% orang di Asia Tenggara merupakan penderita hipertensi. Prevalensi hipertensi pada kelompok usia 18-24 tahun di Indonesia adalah 13,2%. Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat diubah dan berkaitan dengan kejadian hipertensi, salah satunya adalah perilaku merokok. Indonesia merupakan negara dengan penduduk pria perokok terbesar pada tahun 2015, yaitu sebesar 76,2%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kejadian hipertensi pada usia muda dengan perilaku merokok. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain cross sectional, pengambilan sampel dilakukan dengan cara non-probability consecutive sampling. Penelitian ini dilakukan terhadap 89 orang mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada bulan Agustus – Desember 2019 yang terdiri atas 32 orang merokok dan 57 orang tidak merokok. Pengumpulan data dengan kuesioner dan pengukuran tekanan darah. Kuesioner terdiri dari pertanyaan tentang identitas responden (usia, jenis kelamin, ras), merokok, konsumsi kopi dan alkohol, diabetes melitus, riwayat keluarga dengan hipertensi, data antropometri serta tingkat stress dengan menggunakan kuesioner DASS-21. Hasil analisis Chi-square menunjukkan hasil yang tidak signifikan antara kejadian hipertensi dan perilaku merokok (PR= 3,25; p-value= 0,107). Kesimpulan dari penelitian ini adalah perilaku merokok tidak berhubungan dengan kejadian hipertensi pada usia muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ariwibowo, David D.
Uncontrolled Keywords: kejadian hipertensi, perilaku merokok, usia 18-24 tahun
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 08:45
Last Modified: 15 Dec 2022 08:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25030

Actions (login required)

View Item View Item