PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2019

Adriyani, Nathaniela (2021) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Nathaniela Adriyani 125170299 JA.pdf

Download (904kB)

Abstract

Tujuan perusahaan didirikan adalah untuk untuk memaksimalkan kekayaan pemilik perusahaan atau pemegang saham. Tujuan perusahaan tersebut dapat dicapai dengan cara meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat penting karena nilai perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan 19 perusahaan LQ45 yang telah terdaftar di BEI tahun 2016-2019 . Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari IDX.Metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dan analisis jalur dengan pengolahan data menggunakan SPSS 26 . Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan,(2)profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan,(3) struktur modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (5) profitabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan (6) Profitabilitas dan pertumbuhan penjualan tidak mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Struktur Modal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:40
Last Modified: 28 Apr 2021 06:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25038

Actions (login required)

View Item View Item