Implementasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 Terhadap Kewenangan Dalam Pembinaan Dan Pengawasan Notaris Guna Peningkatan Pelaksanaan Jabatan Notaris di Indonesia.

Firmaniar, Nickyta (2020) Implementasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 Terhadap Kewenangan Dalam Pembinaan Dan Pengawasan Notaris Guna Peningkatan Pelaksanaan Jabatan Notaris di Indonesia. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Nickyta Firmaniar_217181004.pdf

Download (794kB)
[img] Text
Bab isi_Nickyta Firmaniar_217181004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Nickyta Firmaniar_217181004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
Lampiran_Nickyta Firmaniar_217181004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

Pentingnya peranan Notaris dalam membantu menciptakan kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat dengan cara penerbitan akta otentik yang dibuat dihadapannya, yang berfungsi sebagai alat bukti yang sempurna. Dengan tugas dan tanggungjawab yang dimiliki oleh Notaris, maka sangat beralasan bahwa Notaris juga berada di bawah pengawasan. Tujuan dari pengawasan yang dilakukan oleh yang berwenang terhadap para Notaris, agar para Notaris ketika menjalankan tugas jabatannya memenuhi persyaratan-persyaratan demi untuk pengamanan kepentingan masyarakat umum. Dengan adanya Undang-Undang No. 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris menjadi aturan yang mengikat dan dipatuhi oleh seluruh Notaris di Indonesia, didalamnya sudah jelas mengenai pembinaan dan pengawasan dan larangan serta sanksi yang mengatur. Serta peraturan pelaksanaanya dengan jelas mengatur tanggung jawab dan kewajiban sebagai Majelis Pengawas Notaris dalam melakukan pengawasan dan pembinaan. Adapun isu hukum dalam penelitian ini antara lain adalah mengenai pengaturan kewenangan pengawasan dan pembinaan berdasarkan Undang-Undang No. 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, terhadap Notaris yang melakukan pelanggran dalam Jabatan Notaris serta dalam organisasi Notaris. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah Metode Yuridis Empiris, dengan mengkaji data primer, data sekunder, dan data tersier yang dianalis secara kualitatif. Untuk memperkuat penelitian maka diadakan wawancara dengan pihak terkait di lokasi penelitian. Seorang Notaris dalam menjalankan jabatannya harus taat dan mematuhi aturan Undang-Undang No. 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, Kode Etik Notaris, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, serta peraturan perundang-undangan lainnya yan terkait dan berhubungan. Dengan begitu seorang Notaris akan menjalankan profesinya dengan baik dan sesuai aturan, serta akan terhindar dari pelanggaran-pelanggaran yang bisa menjadi masalah bagi seorang Notaris di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Gunawan Djajaputra, S.H., S.S., M.H
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Pembinaan, Notaris
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:44
Last Modified: 03 Nov 2023 03:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25039

Actions (login required)

View Item View Item