Asas Itikad Baik Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Dari Konsumen Dalam Pembiayaan Konsumen (Studi Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1041 K/Pdt.Sus-BPSK/2017)

Azhari, Arfi (2019) Asas Itikad Baik Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Dari Konsumen Dalam Pembiayaan Konsumen (Studi Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1041 K/Pdt.Sus-BPSK/2017). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Persetujuan Skripsi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan Kosumen (Consumer Finance) adalah kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran. Dalam pembiayaan konsumen tersebut para pihak wajib beritikad baik guna kelancaran perjanjian, akan tetapi dalam praktek asas itikad baik sering kali dilanggar oleh para pihak seperti pada kasus antara Martha Sitorus (konsumen) dengan PT. Toyota Astra Financial Service Medan (pelaku usaha) atas perjanjian pembiayaan konsumen, dimana konsumen melanggar itikad baik dan merugikan pelaku usaha. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap pelaku usaha yang dilakukan oleh konsumen dalam pembiayaan konsumen dan bagaimana Putusan MA RI No. 1041 /K-Pdt.Sus-BPSK/2017 terhadap perlindungan hukum pelaku usaha yang dilakukan oleh konsumen dalam pembiayaan konsumen. Metode penelitian yang digunakan ialah metode normatif dengan didukung oleh data wawancara. Hasil penulisan menggambarkan bahwa pelaku usaha tidak mendapat perlindungan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 6 huruf (b) UUPK dan pada Putusan MA RI No. 1041 /K-Pdt.Sus-BPSK/2017 Majelis Hakim kurang tepat dalam menjatuhkan putusan dengan pertimbangan itikad baik dari Martha Sitorus (konsumen), karena dari awal konsumen ini yang terlebih dahulu melanggar itikad baik. Seharusnya Martha Sitorus (konsumen) melaksanakan itikad baik karena hal ini diwajibkan dalam Pasal 5 huruf (b) UUPK dan Majelis Hakim juga harus melihat lagi dari unsur-unsur itikad baik dari para pihak dalam memberikan putusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dra. Siti Nurbaiti, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Asas Itikad Baik, Pembiayaan Konsumen.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:47
Last Modified: 04 May 2021 03:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25134

Actions (login required)

View Item View Item