Hak Kompensasi Denda Keterlambatan sesuai Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Perumahan berdasarkan Undang Undang Perlindungan konsumen No. 8 Tahun 1999 (Studi Kasus : Putusan MA NO 930/PDT.SUS-BPSK/2016)

Permatasari, Avina (2019) Hak Kompensasi Denda Keterlambatan sesuai Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Perumahan berdasarkan Undang Undang Perlindungan konsumen No. 8 Tahun 1999 (Studi Kasus : Putusan MA NO 930/PDT.SUS-BPSK/2016). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Pembangunan perumahan yang semakin menigkat di kota besar saat ini dapat dikatakan masyarakat mampu memenuhi kebutuhan primer yaitu kebutuhan akan tempat tinggal yang layak, begitu pula dengan banyaknya jual beli perumahan yang masih dalam perencanaan. Dimana adanya jual beli tersebut terciptanya suatu perjanjian yang menimbulkan hak dan kewajiban dari konsumen maupun pelaku usaha yang harus dipenuhi. Namun pelaku usaha (developer) tidak memenuhi kewajibanya secara penuh sedangkan konsumen yaitu Mery sudah melakukan kewajibannya yaitu membayar rumah tersebut secara KPR salah satu kewajiban yang tidak dipenuhi oleh developer yaitu adanya keterlamabatan penyerah terimaan rumah kepada kosnumen dan membawa kasus ini ke BPSK dan Lembaga pengadilan. Permasalahan yang penulis teliti dalam hal ini adalah bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi konsumen yang tidak mendapatkan haknya yaitu kompensasi denda keterlamabatan sesuai dengan perjanjian tersebut dan bagaimana putusan Hakim MA terhadap kasus Mery dengan PT Jaya Real Property Tbk. Penulis melakukan penelitian dengan metode normatif yang akan menggunakan Undang Undang, serta putusan Hakim yang terkait untuk melakukan peninjauan mengenai permaslahan tersebut. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam putusan BPSK mengabulkan gugatan Mery dan menghukum developer, namun Mery mengajukan ke Pengadilan keberatan dan Hakim PN menolak dan Hakim MA pun memebenarkan hasil putusan dari hakim PN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Susanti Adi Nugroho S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pelindungan Konsumen, Jual Beli, Perumahan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:51
Last Modified: 04 May 2021 03:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item View Item