Efektivitas Peraturan OJK No. 9/POJK.04/2015 tentang Pedoman Transaksi Repurchase Agreement Bagi Lembaga Jasa Keuangan (Studi Kasus Transaksi Repo Saham Benny Tjokrosaputro Melawan Goldman Sachs International tahun 2016)

Kezia, Debora (2019) Efektivitas Peraturan OJK No. 9/POJK.04/2015 tentang Pedoman Transaksi Repurchase Agreement Bagi Lembaga Jasa Keuangan (Studi Kasus Transaksi Repo Saham Benny Tjokrosaputro Melawan Goldman Sachs International tahun 2016). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (161kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (127kB)

Abstract

Efektivitas adalah suatu keadaan yang menunjukan tercapainya suatu tujuan dengan waktu dan hasil yang baik. Efektivitas dalam peraturan berarti bahwa telah berhasilnya pembuat peraturan melaksanakan dan menerapkan peraturan tersebut dalam masyarakat. OJK telah membuat POJK No. 9/POJK.04/2015 tentang Pedoman Transaksi Repo bagi Lembaga Jasa Keuangan pada tahun 2015. Permasalahan Penulis antara lain bagaimana Efektivitas Peraturan OJK No. 9/POJK.04/2015 terkait Transaksi Repo Saham di Indonesia. Adapun tipe penelitian yang Penulis gunakan adalah empiris, serta menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan dan kasus. Transaksi Repo pada dasarnya dapat dikategorikan sebagai transaksi jual atau beli Efek, namun Transaksi Repo tidak sama dengan transaksi jual atau beli efek pada umumnya. Perbedaan yang mendasar dari Transaksi Repo dengan transaksi jual atau beli efek pada umumnya terletak pada akibat yang ditimbulkan dari melakukan Transaksi Repo yaitu, perubahan kepemilikan atas Efek. Pada tahun 2016 sempat terjadi sengketa dalam Transaksi Repo antara Benny dengan Goldman, Benny menganggap peralihan kepemilikan saham atas namanya kepada pihak Goldman Sachs merupakan akibat dari Transaksi Repo illegal yang dilakukan oleh Goldman Sachs Internasional dengan Platinum sehingga perbuatan tersebut merupakan perbuatan melawan hukum. Efektivitas suatu peraturan juga dapat dilihat dari tercapai atau tidaknya tujuan dari peraturan tersebut dibuat. Diharapkan peraturan mengenai transaksi Repo dapat memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi para pihak yang berkepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Christine S.T. Kansil, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pasar Modal, Perjanjian, Transaksi Repurchase Agreement
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:59
Last Modified: 04 May 2021 03:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25142

Actions (login required)

View Item View Item