Perancangan aplikasi desktop tentang permainan tradisional Indonesia (DKV - 2201)

Indawati, Listri (2016) Perancangan aplikasi desktop tentang permainan tradisional Indonesia (DKV - 2201). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625120002_Listri Indawati_01 Cover.pdf

Download (51kB)
[img] Text
625120002_Listri Indawati_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (52kB)
[img] Text
625120002_Listri Indawati_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (59kB)
[img] Text
625120002_Listri Indawati_04 Abstrak.pdf

Download (97kB)

Abstract

Perkembangan yang sangat pesat pada komunikasi dan tcknologi di Indonesia memicu tcrjadinya pergeseran perilaku masyarakat, akibatnya masyarakat mulai menjadi pasif terhadap lingkungan sekitarnya dan tidak jarang menjadikan budaya dari luar negri sebagai acuan masyarakat dalam berperilaku. Hal tersebut tentu saja dapat melunturkan berbagai kcbudayaan di Indonesia. Salah satu nya terlihat pada permainan Tradisional Indonesia yang sudah scemakin ditinggalkan dan beralih pada permainan berteknologi tinggi padahal permainan tradisional mempunyai manfaat namun yang paling penting permainan tradisional merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. Di Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa baryak sekali didirikan sckolah bertaraf Intemnasional, hal tersebut dikarenakan beberapa tabun terakhir makin banyaknya anak bangsa yang berlomba- lomba untuk dapat sekolah ke luar negeri. Sckolah High Scope Indonesia merupakan salah satu sekolah internasional di kawasan Cilandak Baral. Cilandak, Jakarta Selatan. Kurikulum High Scope Indonesia yang dipegang saat ini. dimulai pada tabun 1974 di Amerika Serikat yang semakin hari semakin berkembang menjadi kurikulum yang mengutamakan dampak dari materi yang disampaikan, sayangnya walaupun kurikulum tersebut dapat meningkatkan kualitas generasi baru Indonesia namun masih minim akan kebudayaan Indonesia khususnya permainan Tradisional Indonesia. Dalam era digital ini, penggunaan aplikasi desktop sudah sangat berkembang pesat. Untuk mengenalkan kembali permainan tradisional Indonesia maka dirancang strategi khusus agar dapat mengenalkan kembali permainan tradisional. Strategi yang dilakukan adalah sebuah peracangan aplikasi desktop yang didasari bahwa penggunaan aplikasi penggunaannya sudah merambah dunia pendidikan schingga dapat memudahkan untuk pencarian konten tertentu dibandingkan dengan video sebagai media pengenalan permainan tradisional. Dalam pengaplikasiannya, perancangan akan melewati 3 tahap utama yaitu pra-produksi, produksi dan post produksi dimana perancangan didasari berbagai teori-teori pendukung dalam penyampaiannya. Aplikasi desktop yang dirancang hanya dibuat untuk sekolah High Scope Indonesia dimana akan membanru siswa nya dalam pengenalan permainan tradisional Indonesia. Aplikasi desktop ini akan menampilkan 5 permainan tradisional Indonesia yang dapat dimainkan dengan cara berkelompok, terdapat berbagai informasi scperti scjarah, cara bermain, manfaat, video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 12:15
Last Modified: 25 Jul 2021 13:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25265

Actions (login required)

View Item View Item