PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016- 2018)

Angela, Pingky (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016- 2018). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Pingky Angela 125160131 JA.pdf

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak. Subyek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018 dengan jumlah populasi 183 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diteliti adalah 57 perusahaan manufaktur. Data sekunder diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda. Program SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 23 digunakan untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Kemudian, Profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penyempurnaan peraturan perpajakan dan peningkatan pengawasan oleh fiskus dan pemerintah sehingga dapat mengurangi pratik penghindaran pajak. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Penghindaran Pajak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 14:15
Last Modified: 28 Apr 2021 14:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25359

Actions (login required)

View Item View Item