PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING K-POP INFLUENCER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA AKUN @KIMDARLINGS)

AZHAR, MUHAMMAD FAUZAN (2020) PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING K-POP INFLUENCER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA AKUN @KIMDARLINGS). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
915160004 fauzan.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang personal branding influencer (@Kimdarlings) melalui Instagram. Sekarang ini, media memfokuskan pada eksistensi pengguna dengan memfasilitasi mereka dalam beraktivitas. Seiring perkembangan era digital, media sosial dimanfaatkan sebagai media penyebaran informasi. Hal ini memunculkan inovasi yaitu influencer yang melakukan branding melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan personal branding yang digunakan oleh (@Kimdarlings) sebagai K-Pop Influencer melalui media sosial Instagram. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep personal branding, influencer, media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil temuan bahwa pembentukan personal branding @Kimdarlings sebagai K-Pop influencer melalui Instagram memiliki tujuh konsep personal branding yaitu spesialisasi (@Kimdarlings sebagai penyuka K- Pop hanya menggemari satu fandom), kepribadian (pembentukan karakter di Instagram yang heboh atau ceria), perbedaan (konten fangirling yang berbeda dengan influencer lainnya), terlihat (@Kimdarlings konsisten melakukan cover dance dari boyband dan girlband Korea secara publik dan secara terus menerus), kesatuan (kehidupan pribadi yang @Kimdarlings bentuk sejalan dengan brand yang dibentuknya), keteguhan (berpegang teguh pada prinsip bahwa ia hanya akan mengunggah konten tentang K-Pop), dan nama baik (memberikan citra positif bagi pengikutnya). Kata Kunci : Influencer, Personal Branding, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:28
Last Modified: 29 Apr 2021 03:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25595

Actions (login required)

View Item View Item