PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Wiyogo, Yones (2021) PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Yones Wiyogo 125160041 JA.pdf

Download (634kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR), dan profitabilitas yang diukur dengan Return on Assets (ROA) terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, 50 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam mengambil sampel adalah metode purposive sampling. Metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, dan profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen. Kata kunci: Kebijakan Dividen, Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:09
Last Modified: 29 Apr 2021 04:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25614

Actions (login required)

View Item View Item