HUBUNGAN GANGGUAN TIDUR DENGAN GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA SISWA KELAS I-III DI SMP PEMBANGUNAN JAYA TANGERANG SELATAN JANUARI 2019

CHANDRA, ANGELICA ISABELLA MONICA (2019) HUBUNGAN GANGGUAN TIDUR DENGAN GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA SISWA KELAS I-III DI SMP PEMBANGUNAN JAYA TANGERANG SELATAN JANUARI 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS BELLA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
1.pdf

Download (128kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (127kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (673kB)

Abstract

Masalah gangguan tidur merupakan hal yang umum pada anak-anak. Gangguan tidur seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari anak. Gangguan tidur pada anak jarang didiagnosis secara dini karena pemahaman orang tua yang kurang mengenai kebutuhan tidur seorang anak. Kesulitan memulai dan mempertahankan tidur merupakan salah satu masalah tidur yang paling sering terjadi di kalangan anakanak. Tidur yang terganggu dan tidak memadai dapat menghasilkan disfungsi perilaku, afektif, dan kognitif. Dapat pula terjadi peningkatan masalah perilaku di antara anak-anak yang mengalami gangguan tidur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan gangguan tidur dengan gangguan mental emosional pada siswa kelas I-III di SMP Pembangunan Jaya Tangerang Selatan periode Januari 2019. Metode penelitian ini menggunakan studi analitik observasional cross sectional dengan analisa Uji Chi Square. Cara pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan menggunakan kuesioner Sleep Disturbances Scale for Children untuk gangguan tidur dan Strength and Difficulties Questionnaire untuk gangguan mental emosional. Kriteria inklusi adalah siswa dan orang tua murid kelas I-III di SMP Pembangunan Jaya Tangerang Selatan periode Januari 2019 yang bersedia mengisi kuesioner. Sementara untuk kriteria eksklusi adalah siswa dan orang tua murid yang tidak bersedia mengisi kuesioner. Subjek penelitian terdiri dari 104 pelajar dimana hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 61 pelajar (59,6%) mengalami gangguan tidur dan 34 pelajar (32,7%) mengalami gangguan mental emosional. Persentase angka kejadian gangguan mental adalah sebesar 20,6% pada responden tanpa gangguan tidur dan 79,4% pada responden dengan gangguan tidur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan gangguan tidur dengan gangguan mental emosional dengan nilai p=0,004 (<0,05) dan RP sebesar 2,61 dimana orang dengan gangguan tidur memiliki risiko 2,61 kali lebih tinggi untuk mengalami gangguan mental emosional. Untuk saran adalah perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dari gangguan tidur dan juga gangguan mental emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mantu, Melani R.
Uncontrolled Keywords: Gangguan Tidur, Gangguan Mental Emosional, Anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:10
Last Modified: 23 Jul 2021 03:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25631

Actions (login required)

View Item View Item