Kepastian Hukum Mengenai Putusan Praperadilan Dalam Menetapkan Status Tersangka (Studi Kasus Putusan Nomor 24/Pid/Pra/2018/PN.Jkt.Sel.). / Jeffri Pri

Pri, Jeffri (2019) Kepastian Hukum Mengenai Putusan Praperadilan Dalam Menetapkan Status Tersangka (Studi Kasus Putusan Nomor 24/Pid/Pra/2018/PN.Jkt.Sel.). / Jeffri Pri. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Skripsi Siap Uji.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan Skrpisi Scan.pdf

Download (188kB)

Abstract

Praperadilan merupakan bagian dari hukum acara pidana, yang diatur di dalam KUHAP, khusunya pada Pasal 77 sampai dengan Pasal 83. Dalam hal ini, hakim yang memeriksa, mengadili, serta memutus permohonan praperadilan ini memiliki kewenangan yang sifatnya limitatif, sebagaimana diatur dalam KUHAP dengan merujuk pada pasal-pasal yang telah disebutkan. Munculnya Putusan Praperadilan Nomor 24/Pid/Pra/2018/PN.Jkt.Sel., ini membawa suatu permasalahan hukum dikarenakan isi daripada putusan tersebut adalah memerintahkan kepada penyidik untuk menetapkan status tersangka kepada seseorang. Adapun putusan tersebut berada di luar ruang lingkup objek praperadilan itu sendiri sebagaimana diatur dalam KUHAP. Dalam meneliti masalah ini, penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif. Bahwa putusan praperadilan tersebut memiliki kepastian hukum akan tetapi putusan tersebut lebih condong kepada unsur keadilan serta kemanfaatan. Terhadap putusan tersebut, adalah suatu kewajiban untuk melaksanakannya. Dalam hal ini ada baiknya jika diatur juga mengenai sanksi atas tidak dilaksanakannya putusan praperadilan terhadap pihak yang diperintahkan oleh suatu putusan praperadilan, demi terwujudnya kepastian hukum maupun unsur keadilan dan kemanfaatan bagi pihak-pihak yang berperkara dalam permohonan praperadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hery Firmansyah, S.H., M.Hum., M.P.A.
Uncontrolled Keywords: Praperadilan, Hukum Acara Pidana
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2021 08:06
Last Modified: 29 Apr 2021 08:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item View Item