Tanggung Jawab Agen Distributor Atas Peredaran Obat Kuat Impor Tanpa Izin Edar Ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Hartanty, Septyani Roby (2019) Tanggung Jawab Agen Distributor Atas Peredaran Obat Kuat Impor Tanpa Izin Edar Ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Dalam persaingan global pasar bebas sering terjadi kasus yang dapat merugikan konsumen salah satunya adalah peredaran obat kuat impor ilegal. Hal ini jelas merugikan konsumen di Indonesia karena obat kuat yang diedarkan tidak memiliki izin dari BPOM sehingga belum dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan bagi penggunaannya. Selain itu, obat kuat tersebut mengandung BKO yang berbahaya untuk kesehatan bahkan dapat mengakibatkan kematian. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen terkait peredaran obat kuat impor ilegal dan tanggung jawab pelaku usaha apabila konsumen mengalami kerugian akibat mengkonsumsi obat kuat impor ilegal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen obat kuat ilegal dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang dirugikan akibat mengkonsumsi obat kuat ilegal. Tulisan ini menghasilkan penelitian bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan wajib mendapatkan hak-haknya seperti hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumusi obat kuat ilegal. Selain itu, peredaran obat kuat ilegal ini mendapatkan pengawasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Susanti Adi Nugroho, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Obat Kuat Import Ilegal, Tanggung Jawab Agen Distributor.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2021 09:58
Last Modified: 03 May 2021 06:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25696

Actions (login required)

View Item View Item