Pelaksanaan Perjanjian Hutang Piutang Atas Dasar Kepercayaan (Studi Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2683 K/Pdt./2016)

Renata, Sherry (2019) Pelaksanaan Perjanjian Hutang Piutang Atas Dasar Kepercayaan (Studi Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2683 K/Pdt./2016). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover .pdf

Download (115kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Perjanjian sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 1313 KUHPer yaitu, suatu perbuatan untuk saling mengikatkan diri terhadap satu orang atau lebih. Perjanjian yang sering terjadi di masyarakat salah satunya adalah perjanjian hutang piutang. Perjanjian hutang piutang secara lisan dilakukan hanya dengan perkataan para pihak saja. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyelesaian terhadap pelaksanaan perjanjian hutang piutang yang di dalamnya mengandung unsur wanprestasi. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan non hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, instrument penelitian ada Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia No: 2683 K/Pdt.2016. Putusan tersebut mengenai perkara wanprestasi, yaitu antara Soekotjo sebagai Penggugat dan Melyani sebagai Tergugat. Melyani digugat atas dasar telah melakukan wanprestasi terhadap perjanjian hutang piutang yang dilakukan secara lisan. Melyani menolak jumlah pinjaman yang digugat oleh Soekotjo karena dianggap tidak sesuai. Namun, hakim memutuskan bahwa Melyani melakukan wanprestasi. Perjanjian yang dilakukan secara lisan mempunyai kekuatan hukum, selama terbukti telah dibuat oleh para pihak dan telah sesuai dengan syarat sah perjanjian yang diatur dalam Pasal 1320 KUHPerdata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Hutang Piutang
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2021 10:01
Last Modified: 03 May 2021 05:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25698

Actions (login required)

View Item View Item