Pengaruh Superstitious Belief Terhadap Willingness to Buy Produk Makanan Hasil Rekayasa Genetika

Tanjungsari, Hetty Kurnia (2010) Pengaruh Superstitious Belief Terhadap Willingness to Buy Produk Makanan Hasil Rekayasa Genetika. Karya Ilmiah Dosen. ISSN 979-545-0270-1

[img] Text
2405-5209-1-SM.pdf - Published Version

Download (300kB)

Abstract

Penelitian mengenai superstitions selama ini banyak dilakukan dalam konteks budaya barat dan Cina, sementara di Indonesia, terutama Jogjakarta, kita dapat menemukan beragam bentuk superstitions yang khas pada budaya Jawa dan belum diteliti lebih spesifik dalam kaitannya dengan willingness to buy suatu produk. Penelitian ini akan mengeksplorasi pengaruh superstitious belief masyarakat Jogjakarta terhadap willingness to buy produk makanan hasil rekayasa genetika. Studi dilakukan untuk menguji pengaruh superstitious belief terhadap willingness to buy pada partisipan yang berasal dari mahasiswa S2 di sejumlah perguruan tinggi di Jogjakarta. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian yang diperoleh tidak menunjukkan adanya dukungan terhadap hipotesis yang diajukan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa orang yang memiliki superstitious belief tidak memiliki perbedaan willingness to buy pada produk makanan organik dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki belief ini. Implikasi yang dapat diperolehdari penelitian ini adalah bahwa meskipun budaya masyarakat Jogjakarta erat dengan superstitions namun tidak menutup kemungkinan orang dengan belief ini akan menerima tawaran mengkonsumsi produk makanan hasil rekayasa genetika.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 03 Apr 2017 06:19
Last Modified: 03 Apr 2017 06:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item