HUBUNGAN ANTARA DURASI PENGGUNAAN PONSEL PINTAR SEBELUM TIDUR DENGAN GANGGUAN TIDUR PADA PELAJAR SMAN 1 CIKARANG UTARA KELAS X DAN XI JANUARI 201

SAPUTRI, Della Candra (2019) HUBUNGAN ANTARA DURASI PENGGUNAAN PONSEL PINTAR SEBELUM TIDUR DENGAN GANGGUAN TIDUR PADA PELAJAR SMAN 1 CIKARANG UTARA KELAS X DAN XI JANUARI 201. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Summary-Della Candra Saputri-405150151Skripsi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
6.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (117kB)

Abstract

Saat ini hampir tidak ada remaja yang tidak menggunakan ponsel pintar.. ponsel pintar digunakan tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga dipakai menjadi media hiburan. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan dampak yang buruk terutama dapat mengganggu perkembangan fisik, menyebabkan kecanduan dan gangguan tidur. Gangguan tidur sendiri dapat mengganggu mood dan kemampuan berpikir pelajar. Sehingga penggunaan ponsel pintar pada pelajar terutama sebelum tidur harus dalam pengawasan orang tua. Untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan ponsel pintar sebelum tidur dengan gangguan tidur pada siswa kelas X dan XI di SMAN 1 Cikarang Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2018. Metode analisis cross-sectional digunakan dalam penelitian ini, dengan subjek sebanyak 163 pelajar kelas X dan XI. Kuesioner Sleep Disturbance Scale for Children (SCDC) digunakan untuk mengetahui status gangguan tidur pada pelajar. Yang menggunakan ponsel pintar lebih dari 30 menit sebelum tidur sebanyak 98 orang (dan sisanya kurang atau sama dengan 30 menit. Pelajar yang mengalami gangguan tidur sebanyak 155 2 orang (95.7%). Setelah melakukan uji chi-square, didapatkan hubungan antara durasi penggunaan ponsel pintar sebelum tidur dengan gangguan tidur. (p < 0,0001). Terdapat hubungan antara penggunaan ponsel pintar sebelum tidur dengan gangguan tidur pada pelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mantu, Melani R.
Uncontrolled Keywords: remaja, gangguan tidur, SDSC, penggunaan ponsel pintar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 03:45
Last Modified: 31 Aug 2021 04:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/26156

Actions (login required)

View Item View Item