GAMBARAN PREVALENSI INFEKSI SALURAN PERNAFASAN ATAS PADA PEKERJA PABRIK SEMEN PT. A DI JAKARTA BARAT PERIODE 10 SEPTEMBER – 10 OKTOBER 2014

Daniel, Daniel (2015) GAMBARAN PREVALENSI INFEKSI SALURAN PERNAFASAN ATAS PADA PEKERJA PABRIK SEMEN PT. A DI JAKARTA BARAT PERIODE 10 SEPTEMBER – 10 OKTOBER 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya angka kejadian infeksi saluran pernafasan atas tentu akan menurunkan produktivitas dan kualitas hidup seseorang. Menurut data terdapat peningkatan kejadian infeksi saluran pernafasan sebesar 0,5% -2% di Amerika serikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pekerja pabrik yang mengalami infeksi saluran pernafasan atas serta 2 mengurangi kejadian infeksi saluran pernafasan atas. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan desain study cross-sectional pada periode 10 September – 10 Oktober 2014 terhadap 50 responden di pabrik semen PT. A di Jakarta Barat. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Data diperoleh dengan cara wawancara. Data diolah secara statistik. Dari penelitian didapatkan 50 responden, yang tidak pernah menggunakan masker adalah 41 orang (82%) dan 9 orang (18%) menggunakan masker. Dari 41 responden yang tidak menggunakan masker, didapatkan 29 orang (70,73%) yang mengalami infeksi saluran pernafasan atas, selain itu juga didapatkan bahwa kejadian gejala infeksi saluran pernafasan atas terbesar adalah rinitis akut. Dari hasil penelitian ini sebaiknya pimpinan pabrik semen PT. A di Jakarta Barat lebih memperketat peraturan untuk menggunakan alat pelindung diri pada karyawan agar frekuensi kejadian infeksi saluran pernafasan atas dapat dikurangi sehingga kegiatan produksi dapat berjalan lebih lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: infeksi saluran pernafasan atas, pekerja pabrik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:34
Last Modified: 28 May 2024 02:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/26173

Actions (login required)

View Item View Item