HUBUNGAN MINUM KOPI TERHADAP WAKTU TIDUR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PADA BULAN APRIL 2014 - JUNI 2014

SAPUTRA, PURNAMA AJI (2015) HUBUNGAN MINUM KOPI TERHADAP WAKTU TIDUR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PADA BULAN APRIL 2014 - JUNI 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kopi merupakan minuman yang dikonsumsi oleh hampir seluruh penduduk dunia, kopi identik sebagai penambah semangat dan sebagai penghilang rasa kantuk akibat kandungan kafein yang terdapat dalam kopi. Mahasiswa kedokteran dengan jadwal ujian yang rutin dan bahan ajar yang relatif banyak, tentu membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar yang seringkali memakai waktu tidurnya pada malam hari menggunakan kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minum kopi dengan waktu tidur pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada bulan April 2014 hingga Juni 2014. Penelitian ini menggunakan desain survey cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan April 2014 – Juni 2014. Penulis menjadikan minum kopi sebagai variabel bebas dan waktu tidur sebagai variabel tergantung. Sampel yang digunakan sebanyak 354 sampel dan dipilih secara consecutive sampling pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Sampel diambil dengan media kuisioner dan diolah menggunakan program SPSS statistik. Dari penelitian terhadap 354 mahasiswa menggunakan uji pearson chisquare didapatkan nilai p sebesar 0,004. Nilai yang bernilai kurang dari 0,05 menyatakan Ho ditolak. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan terdapat hubungan bermakna antara minum kopi dengan waktu tidur. Oleh karena minu m kopi dapat mengganggu waktu tidur, penulis menyarankan sebaiknya minum kopi pada pagi hari untuk menunjang aktifitas, sebaliknya jangan meminum kopi pada malam hari saat ingin tidur atau beristirahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Halim, Susilodinata
Uncontrolled Keywords: Minum Kopi, Waktu Tidur
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:34
Last Modified: 28 May 2024 02:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/26182

Actions (login required)

View Item View Item