HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI DPT TERHADAP INSIDEN DEMAM PADA BAYI PASCA VAKSINASI DPT DI PUSKESMAS KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT PERIODE OKTOBER 2013 – APRIL 2014

EDWIN, EDWIN (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI DPT TERHADAP INSIDEN DEMAM PADA BAYI PASCA VAKSINASI DPT DI PUSKESMAS KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT PERIODE OKTOBER 2013 – APRIL 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (214kB)
[img] Text
1.pdf

Download (632kB)
[img] Text
2.pdf

Download (668kB)
[img] Text
3.pdf

Download (884kB)
[img] Text
4.pdf

Download (858kB)
[img] Text
5.pdf

Download (737kB)
[img] Text
6.pdf

Download (641kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (476kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu hal yang ikut mempengaruhi antisipasi terjadinya demam pasca vaksinasi DPT adalah kurangnya pengetahuan orang tua tentang KIPI DPT. Alasan pemilihan pengetahuan ibu tentang KIPI DPT adalah karena tingginya angka ibu yang masih belum mengenal apa sebenarnya vaksinasi DPT dan KIPInya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang KIPI DPT dengan insiden demam pasca vaksinasi DPT. Desain penelitian yang digunakan adalah prospective cohort dan penelitian dilakukan di Puskesmas Kecamatan Palmerah pada periode Oktober 2013 – April 2014 dengan sampel 70 ibu yang bayinya divaksin DPT. Cara pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner dan hasilnya diolah secara statistik. Didapat 8 dari 14 sampel berpengetahuan kurang yang bayinya mengalami demam, 31 dari 38 sampel berpengetahuan cukup yang bayinya tidak demam dan 13 dari 18 sampel berpengetahuan baik yang bayinya tidak mengalami demam pasca vaksinasi DPT. Dengan uji statistic pearson chi-square didapat p = 0,023 yang berarti terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan ibu tentang KIPI DPT dengan insiden demam pada bayi pasca vaksinasi DPT. Dengan perhitungan Risk Ratio (RR) menunjukkan bayi dari ibu yang berpengetahuan kurang berisiko 2,06 kali lebih besar untuk mengalami demam daripada bayi dari ibu yang berpengetahuan baik, sedangkan bayi dari ibu yang berpengetahuan cukup berisiko 0,66 kali lebih kecil untuk mengalami demam daripada bayi dari ibu yang berpengetahuan baik. Diharapkan agar dilakukan lebih sering lagi edukasi tentang vaksinasi dan KIPI DPT oleh pihak manapun yang berperan dalam bidang kesehatan agar dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu di Indonesia guna mengantisipasi kejadian demam pasca vaksinasi DPT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: pengetahuan tentang KIPI DPT, demam pasca vaksinasi DPT.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:28
Last Modified: 07 Oct 2021 04:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/26191

Actions (login required)

View Item View Item