PERBANDINGAN UJI AKTIVITAS BAKTERISID EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L.) DAN POVIDONE-IODINE TERHADAP KOLONI Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, DAN Staphylococcus aureus SECARA IN VITRO

PURNAMASARI, INTAN (2015) PERBANDINGAN UJI AKTIVITAS BAKTERISID EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L.) DAN POVIDONE-IODINE TERHADAP KOLONI Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, DAN Staphylococcus aureus SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar Belakang: Zat bakterisidal memegang peranan penting dalam pengendalian infeksi. Povidone-iodine adalah zat yang umum digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Namun seiring dengan penggunaanya yang luas, banyak masalah terkait resistensi dan sifat toksik bagi jaringan. Pada saat ini, masyarakat mulai mencari alternatif pengobatan yang berasal dari alam yang dirasakan mempunyai efek samping minimal. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan aktivitas bakterisid daun sirih hijau dan povidone-iodine. Metode:Penelitian eksperimental yang dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Tarumanagara ini, membandingkan zona hambat yang dihasilkan oleh daun sirih 0.25%, 0.5%, 1% dan povidone-iodine 10% pada koloniE. coli, Klebsiella sp, dan S. aureus secara invitro menggunakan metode cakram KIRBY-BAUER yang diadaptasi dari buku Penuntun Praktikum Mikrobiologi Kedokteran. Zona hambat diukur dan diinterpretasikan berdasarkan klasifikasi Elgayar dan Green Wood. Hasil: Dari pengukuran zona hambat didapatkan E.coli adalah yang paling sensitif terhadap zat uji dan terdapat hubungan bermakna (p<0.05) antara daun sirih berbagai konsentrasi dan povidone-iodine 10% dengan zona hambat bakteri yang terbentuk Kesimpulan:Dapat disimpulkan bahwa zat uji berpengaruh terhadap terbentuknya zona hambat dan daun sirih dengan konsentrasi 1% mempunyai aktivitas bakterisid yang lebih kuat dibandingkan dengan povidone-iodine 10% terhadap bakteri uji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tjandra, Oentarini
Uncontrolled Keywords: Bakterisid; Daun sirih hijau; Povidone-iodine.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:32
Last Modified: 28 May 2024 02:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item