HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN WANITA PREMENOPAUSE DENGAN UPAYA PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS DI PUSKESMAS KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN, JAKARTA-BARAT, PERIODE JUNIDESEMBER 2014

GAPUR, MAISARAH ANGGRAINI (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN WANITA PREMENOPAUSE DENGAN UPAYA PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS DI PUSKESMAS KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN, JAKARTA-BARAT, PERIODE JUNIDESEMBER 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 3 skripsi aini.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB 4 (Autosaved).pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Usia lanjut adalah tahap akhir dari siklus kehidupan yang merupakan tahap perkembangan normal yang dialami setiap individu. Sekitar usia 55 tahun terjadi proses penuaan secara alamiah, yang nantinya akan menimbulkan masalah fisik, mental, sosial, ekonomi dan psikologi. Salah satu masalah kesehatan yang menjadi sorotan adalah osteoporosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan upaya pencegahan osteoporosis pada wanita premenopause. Penelitian ini menggunakan metode dengan desain penelitian adalah crosssectional study. Penelitian dilakukan di Puskesmas Grogol Petamburan, penelitian ini dimulai dari bulan Juni sampai dengan bulan Desember 2014. Sampel pada penelitian ini adalah wanita yang berumur 40-49 tahun yang berjumlah 110 responden. Pengambilan sampel menggunakan cara non-random sampling, alat ukur penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian ini terdapat hubungan antara pengetahuan wanita premenopause dengan upaya pencegahan osteoporosis, di peroleh 88 responden dari 110 responden yang berpengetahuan baik, Dari 88 responden yang berpengetahuan baik terdapat 46 responden yang upaya pencegahannya baik. Dari hasil penelitian ditemukan p value 0,036 (p<a) maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan wanita premenopause dengan upaya pencegahan osteoporosis. Berdasarkan perhitungan, didapatkan rasio prevalence 1,91 yang artinya yang berpengetahuan buruk mempunyai resiko 1,91 tidak melakukan upaya pencegahan osteoporosis. Saran bagi responden agar dapat lebih meningkatkan dan memelihara kesehatan, bagi instansi kesehatan di Puskesmas Grogol Petamburan agar menyediakan pelayanan konseling untuk wanita premenopause dalam menghadapi massa sebelum dan setelah menopause, bagi peneliti selanjutnya agar dapat sebagai masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: Osteoporosis, Premenopause
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:34
Last Modified: 07 Oct 2021 04:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/26306

Actions (login required)

View Item View Item