HUBUNGAN STRES TERHADAP PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2011

RITUNG, DESINTHA CRISTY NINDI (2015) HUBUNGAN STRES TERHADAP PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2011. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi ini, aktifitas sehari-hari memiliki tuntutan yang cukup berat, misalnya tuntutan dalam pekerjaan dan studi, banyak orang yang menjadi stres dan stres sulit untuk dihindari. Stres dapat meningkatkan probabilitas seseorang menderita premenstrual syndrome (PMS), pada tingkat berat, premenstrual syndrome (PMS) dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Sindrom Pra Menstruasi atau premenstrual syndrome (PMS) merupakan masalah kesehatan yang cukup banyak dialami oleh wanita diusia produktif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapat hubungan antara stres terhadap premenstrual syndrome (PMS). Desain penelitian adalah observasional crosssectional analitik pada Oktober - November 2014 pada 93 responden pada Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Pengumpulan data menggunakan kuesioner DASS 42 yang telah dimodifikasi untuk mengukur tingkat stres dan kuesioner premenstrual syndrome (PMS) untuk mengetahui premenstrual syndrome (PMS) yang dialami responden. Dari hasil penelitian, diperoleh terdapat 38 responden (40.9%) yang mengalami stres, dan 35 responden (92.1%) yang mengalami stress sekaligus mengalami premenstrual syndrome (PMS). Analisis data menggunakan program SPSS vesi 16.0, digunakan uji chi-square. Diperoleh secara statistik hubungan stres dengan premenstrual syndrome (PMS) tidak bermakna (p = 0.231).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lontoh, Susy Olivia
Uncontrolled Keywords: stres, premenstrual syndrome (PMS)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:31
Last Modified: 28 May 2024 02:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/26326

Actions (login required)

View Item View Item