BAURAN PEMASARAN SEBAGAI PREDIKTOR KEPUTUSAN PEMBEL PADA MODERN "SOGO THE FOOD HALL" DI JAKARTA

Wiryawan, Zahrida Zainal (2011) BAURAN PEMASARAN SEBAGAI PREDIKTOR KEPUTUSAN PEMBEL PADA MODERN "SOGO THE FOOD HALL" DI JAKARTA. Karya Ilmiah Dosen.

[img]
Preview
Text
2068-4514-1-SM.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan bisnis eceran modern (retailer)sangat meningkat pesat, dan dikenal dengan istilah modern market yang membedakannyadengan pasar tradisonil atau traditional market. Pengertian bisnis eceran mencakup semuakegiatan penjualan barang dan/atau jasa langsung kepada pengguna akhir atau konsumen,bukan untuk keperluan bisnis ataupun organisasi berupa ‘business-to-business’ yang seringdisebut sebagai B-2-B (Dwyer dan Tanner, 1999; Kotler, 2000).Bisnis eceran terdiri dari beberapa jenis serta ukuran besar tokonya pun berbeda,mulai dari yang besar seperti supermarket dsb. Berbeda dengan pengecer kecil tradisionil,modern market umumnya merupakan bisnis eceran dengan fasilitas serta sistem operasionilyang relatif menggunakan perangkat-perangkat mutakhir sebagai sebuah ‘modern trade’.Dalam kategori modern market, jenisnya bukan hanya supermarket saja, namun termasukpula retailer mirip-mirip mini-market, misalnya Alfamart, Indomaret, bahkan yang agakmenengah seperti 7-Eleven, Alfa Midi, Superindo dll.Konsep manajemen pemasaran menyebutkan bahwa tujuan utama dalam mencapaitarget organisasi terdiri dari (1) keberhasilan meraih sasaran pemasaran serta (2)memberikan kepuasan pelanggan yang lebih efektif serta lebih efisien dibandingkandengan pesaing (Cravens dan Piercy, 2006). Konsep ini memberikan penekanan bahwakeberhasilan dalam bisnis hanya bisa diperoleh lewat program pemasaran yang mampumemberikan kepuasan pelanggan atau ‘customer satisfaction’. Oleh karena itu, perusahaanharus memberikan perhatian besar kepada upaya-upaya pemenuhan kebutuhan parapelanggannya.Kotler (2000), Tan dan Yao (2009) menyebutkan bahwa, walaupun strategi BauranPemasaran pada hakekatnya adalah sama, namun implementasinya harus disesuaikandengan tipe bisnis masing-masing. Oleh karena itu, sesuai Kotler et al, 2006, implementasiBauran Pemasaran dari bisnis eceran mesti direncanakan dengan benar. Keberhasilan bisniseceran ‘modern market’ juga ditentukan oleh jenis produk yang dibutuhkan olehpelanggannya, selain oleh tingkat harga yang bersaing, promosi maupun lokasikeberadaannya. Modern market yang ingin berhasil dalam mengembangkan bisnis mestimemenuhi harapan atau ekspektasi pelanggan dalam hal kualitas produk, tingkat harga,serta ada atau tidaknya promosi. Oleh karena tingkat persaingan yang makin intensif,modern market khususnya Sogo Food Hall perlu memperhatikan bauran pemasaran dalamupaya menarik dan melayani pelanggan mereka. Untuk itu ingin diteliti lebih jauhbagaimana pengaruh dari bauran pemasaran yang dilihat dari sudut pandang pelangganSogo Food Hall tersebut.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 03 Apr 2017 06:55
Last Modified: 03 Apr 2017 06:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item