Perancangan interior Museum Geologi Bandung (DI - 2091)

Jaya, Dessy Kristian (2020) Perancangan interior Museum Geologi Bandung (DI - 2091). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_01 Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (64kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (150kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_04 Kata Pengantar.pdf

Download (95kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_06 Abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_06 Daftar Isi.pdf

Download (226kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_07 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_08 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_09 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_10 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_11 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_12 Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
615160056_Dessy Kristian Jaya_13 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://elista.untar.ac.id/detailskripsi.aspx?id=24...

Abstract

Museum dikenal sebagai tempat benda-benda bersejarah dikumpulkan, dipelihara, dan diasosiasikan kepada masyarakat, termasuk pada Museum Geologi Bandung. Tetapi masyarakat lebih mengenal bahwa museum hanya tempat menaruh dan menyimpan benda bersejarah sehingga persepsi masyarakat bahwa museum adalah tempat yang membosankan. Museum dapat mengaplikasikan penerapan teknologi modern/interactive digital sebagai pencapaian kepada ruang yang interaktif. Tujuan dari perancangan yaitu dengan menjadikan museum menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian banyak kalangan serta memberikan informasi dan edukasi yang tepat secara interaktif kepada pengunjung. Metode yang akan digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan studi observasi di lapangan. Metode lain yang digunakan yaitu metode analisis dengan beberapa tahapan proses perancangan. Hasil perancangan yaitu dengan penerapan interactive digital yang didukung dengan konsep desain modern agar terciptanya suatu ruang museum interaktif yang efektif dan menarik. Kesimpulan dari perancangan interior Museum Geologi Bandung memiliki potensi untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak dan baik dengan memperbaiki desain interiornya. Bahwa perkembangan desain museum saat ini menuntut perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga masyarakat mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru dan menarik, bukan hanya mengenai benda-benda koleksi yang dipamerkan tetapi juga cara penyajian koleksi dan penyampaian informasinya yang interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukatif, Informatif, Museum Geologi, Revolusi Informasi, Teknologi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 02:33
Last Modified: 20 Jan 2022 05:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27014

Actions (login required)

View Item View Item