Perancangan interior Museum Wayang Jakarta (DI - 2094)

Djohari, Natasha (2020) Perancangan interior Museum Wayang Jakarta (DI - 2094). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
615160060_Natasha Djohari_01 Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (36kB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (77kB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_04 Kata Pengantar.pdf

Download (113kB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_06 Abstrak.pdf

Download (58kB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_06 Daftar Isi.pdf

Download (74kB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_07 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_08 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_09 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_10 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
615160060_Natasha Djohari_11 Daftar Pustaka.pdf

Download (65kB)
Official URL: http://elista.untar.ac.id/detailskripsi.aspx?id=24...

Abstract

Museum dapat dikategorikan sebagai tempat liburan dan rekreasi yang juga merupakan media belajar bagi masyarakat. Ditengah modernisasi seperti dewasa ini, keberadaan museum mulai terabaikan. Kebanyakan masyarakat tidak tertarik lagi untuk berekreasi maupun mencari pengetahuan dengan pergi ke museum. Di Indonesia, terdapat kurang lebih 435 museum yang diolah oleh pemerintah maupun swasta. Sedangkan di Jakarta sendiri, terdapat 64 museum yang dapat dikunjungi. Museum Wayang yang merupakan salah satu museum yang menyimpan ribuan kisah budaya Nusantara dan juga termasuk ke dalam salah satu bangunan cagar budaya ini juga mengalami berbagai kendala karena sering dianggap kuno, membosankan, dan seram. Padahal wayang memiliki banyak sekali pesan – pesan atau nilai – nilai positif yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari – hari. Karena itu, generasi muda perlu diperkenalkan lebih dalam lagi dengan wayang agar dapat menyerap nilai – nilai positif tersebut dan diterapkan pada kehidupan sehari – hari. Atas pemikiran dasar tersebut, perlu adanya suatu inovasi yang dapat merubah pemikiran atau pandangan masyarakat khususnya generasi muda terhadap museum. Museum tak lagi kuno, membosankan ataupun seram, namun museum menjadi kekinian, unik, menarik, dan menyenangkan. Museum tidak hanya sekedar menjadi tempat untuk mendidik masyarakat, tetapi menjadi tempat pembelajaran, yang termasuk di dalamnya tempat dimana pengunjung dapat merasakan suatu suasana dan memperoleh pengalaman dan pengetahuan. Museum yang menarik generasi muda adalah museum yang lebih ramah, nyaman, dan menyenangkan dengan menyajikan program – program edutainment yang dimana pengunjung akan merasa senang untuk berkunjung dan juga mendapat tambahan ilmu. Oleh karena itu, perancangan interior ini merupakan salah satu upaya untuk menarik pengunjung dengan mengusung konsep Explore the Shadows sehingga pengunjung diajak untuk mengekspor ke dalam dunia pewayangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menarik, Interaktif, Eduitanment, Informatif, Pewayangan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 02:36
Last Modified: 25 Jan 2022 03:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27020

Actions (login required)

View Item View Item