Tinjauan Yuridis Pertanggungjawaban Rumah Sakit atas Keikutsertaan Dalam Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

Nursida, Ida (2018) Tinjauan Yuridis Pertanggungjawaban Rumah Sakit atas Keikutsertaan Dalam Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. TANDA PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
3. TANDA PERSETUJUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)

Abstract

Badan kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan bahwa kesehatan merupakan investasi, dan kewajiban setiap manusia,kutipan tersebut juga tertuang dalam Pasal 28 huruf (h) Undang-Undang Dasar 1945 selanjutnya disingkat dengan (UUD NRI) dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan selanjutnya disingkat (UUK), “bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesi sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undand Dasar 1945,” Sebelumnya telah lahir ketetapan MPR Nomor XVII/MPRRI/1999 dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia semakin menguatkan perubahan paradigma tersebut dimana pemerintah bertanggung jawab mengatur agar terpenuhi hak hidup sehat bagi penduduknya termasuk masyarakat miskin dan tidak mampu. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya dalam memenuhi hak setiap warga negaranya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Terbukti dengan adanya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Walaupun ini mungkin merupakan perubahan yang mendasar bagi perasuransian di Indonesia khususnya Asuransi Sosial dimana salah satu program jaminan adalah asuransi kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan baik perorangan maupun kelompok atau masyarakat secara keseluruhan, dan itu tentu dilakukan di rumah sakit atau klinik sebagai fasilitas pemberi jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan ukuran atau standard perawatan kesehatan. (F) Acuam : 22 (1987-2018). (G) Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H., (H) Penulis : Ida Nursida.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 03 May 2021 02:49
Last Modified: 03 May 2021 02:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27031

Actions (login required)

View Item View Item