PENGARUH HIPEROKSIA NORMOBARIK SISTEMIK KRONIK TERHADAP KADAR GLUTATION (GSH) DAN KARBONIL PADA DARAH DAN PARU TIKUS SPRAGUE DAWLE

Lirendra, Mutiara (2015) PENGARUH HIPEROKSIA NORMOBARIK SISTEMIK KRONIK TERHADAP KADAR GLUTATION (GSH) DAN KARBONIL PADA DARAH DAN PARU TIKUS SPRAGUE DAWLE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh hiperoksia normobarik sistemik kronik terhadap kadar glutation (GSH) dan karbonil pada darah dan paru tikus sprague dawley Hiperoksia merupakan keadaan dimana tekanan parsial normal oksigen lebih tinggi dari normal pada jaringan dan organ. Kadar oksigen tinggi melebihi yang normal dapat digunakan sebagai terapi, tetapi juga dapat meningkatkan ROS dan RNS yang menginduksi stres oksidatif. Ketika terjadi peningkatan ROS dan RNS, tubuh mengeluarkan antioksidan untuk menyeimbangi ROS dan RNS (prooksidan). Ketidakseimbangan antara prooksidan dan antioksidan, atau yang disebut stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan protein. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental in vivo dengan tikus Sprague dawley dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok 1 merupakan kelompok kontrol (normoksia), dan kelompok sisanya merupakan kelompok uji yang dipaparkan hiperoksia (75% oksigen, 25% nitrogen) selama 1 hari, 3 hari, 7 hari, serta 14 hari. Dilakukan pemeriksaan analisa gas darah dan pemeriksaan histopatologi. Kadar Glutation (GSH) diukur dengan metode Ellman dan kadar karbonil dengan metode Levine pada darah dan paru. Didapatkan kadar GSH yang menurun, sedangkan kadar karbonil meningkat baik pada darah maupun paru. Pada analisa gas darah didapatkan peningkatan pO 2, pCO2, dan HCO3 serta Universitas Tarumanagara penurunan pH. Pada histopatologi, ditemukan kongesti, fibrosis, dan sel radang serta ruptur sel alveolar pada paru yang diberi perlakukan 14 hari hiperoksia. Semua hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi stres oksidatif berupa penuruan kadar antioksidan dan kerusakan protein.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferdinal, Frans
Uncontrolled Keywords: hiperoksia, stres oksidatif, glutation, karbonil, paru
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:25
Last Modified: 28 May 2024 02:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27063

Actions (login required)

View Item View Item