Perancangan Rak Kerja dan Penataan Meja Kerja serta Analisis Ergonomi dengan Metode RULA dan WERA pada Kedai Haiso Coffee

Valentino, Fernando (2021) Perancangan Rak Kerja dan Penataan Meja Kerja serta Analisis Ergonomi dengan Metode RULA dan WERA pada Kedai Haiso Coffee. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160021_Fernando Valentino_01 Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
545160021_Fernando Valentino_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (31kB)
[img] Text
545160021_Fernando Valentino_03 Abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
545160021_Fernando Valentino_04 Daftar Isi.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pada era modern ini dimana kemjuan tenologi informasi dan komunikasi sedang dalam tahap perkembangan yang sangat cepat dan pesat, mengakibatkan dampak yang cukup berpengaruh dalam industri food & beverage. Dimana industry-industri food & beverage mulai bermunculan satu demi satu dengan brand yang mereka ciptakan karena melihat peluang bisnis yang sangat menjajikan. Telah berdiri salah satu contoh industri food & beverage yaitu Haiso Coffee, yang merupakan sebuah café yang bergerak dalam industri food & beverage yang berfokus pada minuman berbasis kopi. Haiso Coffee merupakan salah satu produsen minuman “Kekinian” yang berbasis Kopi yang tergolong masih baru dan belum lama mengeluti usahanya dalam dunia retail dan indusri food & beverage ini. Dalam observasi awal yang dilakukan dapat ditemukan beberapa masalah pada Haiso Coffee, yaitu pada meja kerjanya. Meja kerja di sana masih tidak teroganisir dengan baik dan tida tersusun dengan rapi , selain itu setelah di observasi lebih lanjut dapat ditemukan bahwa posisi dan postur barista yang membuat produk di haiso coffee masih ada sedikit memnbungkuk yang mengidetifikasi kurang tingginya meja kerja. Sehubungan dengan permasalahan tersebut telah dirancang sebuah perangkat rak kerja yang digunakan oleh Haiso Coffee. Perancangan alat bantu di sesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh pihak Haiso Coffee. Dengan menggunakan matriks kebutuhan dan kepentingan yang di dasari dengan data yang dikumpulkan dari hasil wawancara. Alat bantu yang dirancang berupa alat yang memiliki alas yang tebal untuk menyesuaikan tinggi meja kerja yang ergonomis dengan beberpa fungsi tambahan berupa rak kerja yang berfungsi sebagai tenpat penyimpanan dan peletakan beberapa alat dan bahan pada meja kerja dan etaslase yang berfungsi sebagai display untuk beberapa produk haiso coffee.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 04:27
Last Modified: 03 May 2021 10:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27065

Actions (login required)

View Item View Item