Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Makanan dengan Menggunakan Metode Analisis Konjoin (Studi Kasus UMKM : Warung Nyinyir)

Purba, Jan Sinar (2021) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Makanan dengan Menggunakan Metode Analisis Konjoin (Studi Kasus UMKM : Warung Nyinyir). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160080_Jan Sinar Purba_01 Cover.pdf

Download (75kB)
[img] Text
545160080_Jan Sinar Purba_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (102kB)
[img] Text
545160080_Jan Sinar Purba_03 Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text
545160080_Jan Sinar Purba_04 Daftar Isi.pdf

Download (78kB)

Abstract

Pada jaman yang semakin modern ini terdapat banyak industri-industri kecil yang semakin berkembang terutama dalam usaha makanan. Banyaknya industri makanan yang muncul ialah usaha seperti tempat makan yang lebih cendrung dengan buat anak muda untuk berkumpul atau sebegai tempat mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi pengunjung, mengetahui atribut-atribut yang konsumen pertimbangkan dalam membeli dan berkunjung di tempat makan ini dan untuk mengembangkan produk dalam hal perancangan kemasan. Penelitian ini menggunakan metode analisis konjoin untuk menentukan kombinasi atribut menurut preferensi konsumen. Sebelum pengolahan data, penyebaran kuisioner dilakukan untuk mengetahui atribut apa saja yang diperhatikan konsumen dalam membeli makanan, atribut yang didapatkan adalah bentuk kemasan, desain gambar, area desain, kemudian atrbut diolah dengan orthogonal design menggunakan fractional factorial design yang menghasilkan 8 kombinasi atribut. 8 kombinasi atribut disajikan kedalam kuisioner tahap lanjutan untuk menilai kombinasi atribut yang konsumen paling sukai. analisis konjoin mendapat bahwa keputusan konsumen dalam membeli makanan dipengaruhi oleh 38,3% menu makanan, 31,9% dari bentuk kemasan, % 17 dari segi desain gambar, dan 12,8% area penempatan stiker.Kemasan makanan kertas yang digunakan termasuk ke dalam kategori food grade yaitu yang berbahan kertas. Kertas yang dipilih untuk dibuat kemasan pun harus yang tidak memiliki kandungan zat kimia, sehingga aman untuk membungkus makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemasan makanan, Analisis konjoin, Desain Produk
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 04:33
Last Modified: 24 Sep 2021 03:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27071

Actions (login required)

View Item View Item