PREVALENSI PENDERITA HIPERTENSI PADA KARYAWAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA YANG RUTIN MINUM KOPI PERIODE SEPTEMBER – OKTOBER 2015

SUWANTO, Amelia (2015) PREVALENSI PENDERITA HIPERTENSI PADA KARYAWAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA YANG RUTIN MINUM KOPI PERIODE SEPTEMBER – OKTOBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di masyarakat era modern ini, baik dari kalangan muda hingga tua. Salah satu efek konsumsi kopi adalah peningkatan tekanan darah. Beberapa penelitian juga menyebutkan kopi sebagai faktor risiko hipertensi, namun peneltian lain mengungkapkan bahwa konsumsi kopi tidak memiliki dampak yang signifikan untuk meningkatkan tekanan darah sehingga pernyataan tersebut masih diperdebatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi hipertensi pada karyawan Universitas Tarumanagara yang meminum kopi. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan desain studi cross-sectional. Pengambilan data menggunakan metode judgemental sampling. Besar sampel yang didapatkan sebesar 96 sampel. Subjek penelitian adalah karyawan Universitas Tarumanagara yang rutin meminum kopi dan tidak memiliki riwayat hipertensi sebelumnya. Data yang didapatkan diolah secara statistik. Hasil dari penelitian 96 responden yang meminum kopi didapatkan 36,5% menderita hipertensi. Presentase penderita hipertensi tertinggi (47.2% ;17 responden) memiliki kebiasaan minum kopi dengan frekuensi 2 cangkir / hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Priyana, Andria
Uncontrolled Keywords: Kopi, hipertensi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:18
Last Modified: 26 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item View Item