Analisis Yuridis Keterkaitan Antara Dana TalanganPengadaan Tanah Bagi pembangunan UntukKepentingan Umum Dengan Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tol Oleh Badan Usaha MilikNegara (Studi Kasus Pembangunan Jalan TolTerbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung)

Irawan, Sandra Debby (2018) Analisis Yuridis Keterkaitan Antara Dana TalanganPengadaan Tanah Bagi pembangunan UntukKepentingan Umum Dengan Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tol Oleh Badan Usaha MilikNegara (Studi Kasus Pembangunan Jalan TolTerbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
02. Pengesahan Tesis Untuk Diuji.pdf

Download (173kB)
[img] Text
03. Tanda Pengesahan Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. Daftar Isi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (18kB)

Abstract

Jalan Tol Trans Sumatera merupakan Proyek Strategis Nasional dimana berdasarkan Perpres Nomor 100 Tahun 2014 yang telah diubah menjadi Perpres Nomor 117 Tahun 2015 Pemerintah menugaskan PT Hutama Karya (Persero) untuk melaksanakan pengusahaannya. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat memberikan dana talangan pengadaan tanah pada Proyek Strategis Nasional. Terdapat keterkaitan antara dana talangan pengadaan tanah tersebut dengan pelaksanaan pembangunan jalan tol oleh BUMN. Salah satunya pada proyek jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang termasuk Jalan Trans Sumatera dan merupakan Proyek Strategis Nasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana keterkaitan antara penyediaan dana talangan pengadaan tanah bagi pembangunan jalan tol untuk kepentinngan umum dengan pelaksanaan pembangunan jaln tol ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung oleh Badan Usaha Milik Negara dan apakah pembangunan jalan tol ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung oleh Badan Usaha Milik Negara dikategorikan sebagai hubungan business to business atau goverment to business, dimana pembangunan jalan tol tersebut bertujuan untuk kepentingan umum, mengapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian hukum normatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan statue approach dan conceptual approach. Keterkaitan antara penyediaan dana talangan pengadaan tanah jalan tol dengan pembangunan jalan tol ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung oleh Badan Usaha Milik Negara apabila Proyek tersebut termasuk dalam Proyek Strategis Nasional.Masalah yang timbul antara penyedia dana talangan dengan pelaksanaan pekerjaan konstruksi jalan tol tersebut, yaitu: besaran biaya dana (cost of fund); dan mekanisme jangka waktu pencairan dana talangan.Penugasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada PT Hutama Karya (Persero) berdasarkan Perpres Nomor 100 Tahun 2014 yang telah diubah menjadi Perpres Nomor 117 Tahun 2015, selain pemerintah memberikan penugasan pemerintah juga memberikan kemudahan kemudahan dalam pelaksanaan pengusahaan jalan tol tersebut. Penugasan tersebut bisa disimpulkan sebagai hubungan transaksional Goverment to Business.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Proyek Strategis Nasional, Dana Talangan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 03 May 2021 06:00
Last Modified: 03 May 2021 06:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27130

Actions (login required)

View Item View Item