HUBUNGAN JENIS OPERASI DENGAN KEJADIAN KOMPLIKASI PASCA BEDAH HERNIA INGUINALIS DI RUMAH SAKIT PLUIT PADA PERIODE JANUARI-NOVEMBER 2015

FELICIA, Tatiana (2015) HUBUNGAN JENIS OPERASI DENGAN KEJADIAN KOMPLIKASI PASCA BEDAH HERNIA INGUINALIS DI RUMAH SAKIT PLUIT PADA PERIODE JANUARI-NOVEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Operasi hernia inguinalis merupakan salah satu operasi dinding abdomen yang paling banyak dilakukan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan komplikasi pasca bedah hernia inguinalis salah satunya adalah jenis operasi yang digunakan. Penelitian ini bersifat analitik cross-sectional dengan menggunakan metode pengumpulan data non-random consecutive sampling dan dianalisa dengan metode Fischer’s Exact Test. Dari 63 pasien yang telah menjalani operasi hernia inguinalis di Rumah Sakit Pluit pada periode Januari-November 2015, ditemukan satu pasien mengalami komplikasi pasca bedah. Dari penelitian ini tidak ditemukan adanya hubungan yang bermakna antara jenis operasi dengan kejadian komplikasi pasca bedah hernia inguinalis dengan p-value 1,000 (p >0,05). Pasien yang menjalani operasi terbuka tidak memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi pasca bedah dibandingkan dengan operasi laparoskopi dimana PR=0. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya hubungan jenis operasi dengan kejadian komplikasi pasca bedah hernia inguinalis pada Rumah Sakit Pluit pada periode Januari-November 2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limas, Peter Ian
Uncontrolled Keywords: operasi hernia inguinalis, komplikasi pasca bedah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:08
Last Modified: 27 Oct 2021 02:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27206

Actions (login required)

View Item View Item