Penerapan Sanksi Terhadap Kasus Tindak Pidana Pencurian Ringan Dalam KUHP Dengan Undang- Undang Perkebunan Dalam Putusan Pengadilan Negeri Simalungun Nomor 590/PID.B/2019/PN SIM

Martua, Abastian (2020) Penerapan Sanksi Terhadap Kasus Tindak Pidana Pencurian Ringan Dalam KUHP Dengan Undang- Undang Perkebunan Dalam Putusan Pengadilan Negeri Simalungun Nomor 590/PID.B/2019/PN SIM. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Skripsi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penerapan sanksi terhadap kasus tindak pidana pencurian merupakan suatu delik yang diatur dalam KUHP dimana segala kerugian dan hukuman atas delik tersebut diatur didalamnya, namun dalam hal pencurian diatur mengenai kerugian yang ditimbulkan atas suatu delik tersebut dan apabila kurang dari Rp.2.500.000 maka akan masuk dalam tindak pidana ringan yang diatur lebih lanjut di dalam Peraturan Mahkamah Agung No 2 Tahun 2012, namun dalam prakteknya banyak kasus pencurian tipiring akan tetapi dicari aturan hukum lain agar untuk mengeyampingkan tipring seperti dalam kasus tersebut yang merupakan pencurian dengan tindak pidana ringan namun dikenakan lex spesialis Undang-Undang Perkebunan untuk mengeyampingkan dari tipiring. Sehingga timbul permasalahan bagaimana penerapan sanksi terhadap kasus tindak pidana pencurian ringan dalam kuhp dengan uu perkebunan dalam putusan pengadilan negeri simalungun nomor 590/pid.b/2019/pn sim. Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari narasumber serta data sekunder dari hasil studi perpustakaan. Hasil penelitian penulis adalah bahwa penerapan hukum melanggar asas keadilan dalam mengadili perkara pencurian ringan dikarenakan dalam memberi putusan seharusnya mempertimbangkan aspek-aspek hukum serta penggolongan yang tepat atas setiap kasus permasalahan sehingga penerepan hukum yang diberikan dapat berjalan dengan tepat. .Penulis berhadap Mahkamah Agung dan Majelis Hakim lebih menegaskan adanya PERMA No 2 Tahun 2012 untuk mendukung keberlakuan tindak pidana ringan dalam setiap kasus serta memahami keberlakuan tindak pidana ringan serta penerapan lex spesialis serta pembuat undang-undang lebih memahami isi dalam setiap pembuatan undang- undang tidak hanya mengambil dari aturan yang sudah berlaku dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dian Adriawan Daeng Tawang,SH.,MH.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Sanksi Terhadap Kasus Tindak Pidana Pencurian (Tipiring)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 03 May 2021 07:33
Last Modified: 03 May 2021 07:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27213

Actions (login required)

View Item View Item