Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS Foundation) melalui Instagram

Yemima, Kezea (2020) Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS Foundation) melalui Instagram. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Habitat of orangutans that continues to shrink in number can result in the extinction of the existence of orangutans. Tropical rain forests are the habitat of many orangutans used as oil palm plantations. However, not only a few people who want to contribute to the conservation of orangutans and their habitat. Borneo Orangutan Survival Foundation, is a non-profit organization that has concern for orangutans and their habitat. This research is a descriptive qualitative research that discusses social marketing communication strategies carried out by the BOS Foundation to attract public awareness through Instagram in orangutan conservation efforts and the improvement of their habitat. The research data were taken from interviews with three speakers related to this research. The data obtained were analyzed with the SOSTAC concept which discussed the situation, objectives, strategies, tactics, actions, and controls related to the discussion. The conclusion of this study is the social marketing communication strategy undertaken by the BOS Foundation through Instagram is to have a standard in uploading content, containing captions that are interesting to read, also pay attention to the engagement that is generated. Habitat orangutan yang terus menyusut jumlahnya dapat mengakibatkan kepunahan dari eksistensi orangutan. Hutan hujan tropis merupakan habitat orangutan yang banyak dijadikan perkebunan kelapa sawit. Namun, tidak sedikit masyarakat yang ingin berkontribusi dalam pelestarian orangutan serta habitatnya. Borneo Orangutan Survival Foundation, adalah salah satu organisasi non-profit yang memiliki kepedulian terhadap orangutan dan habitatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang membahas tentang strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh BOS Foundation guna menarik awareness masyarakat melalui Instagram dalam upaya konservasi orangutan serta perbaikan habitatnya. Data hasil penelitian diambil dari wawancara dengan tiga narasumber terkait penelitian ini. Data yang didapat dianalisis dengan konsep SOSTAC yang membahas tentang situasi, tujuan, strategi, taktik, aksi, dan kontrol terkait pembahasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh BOS Foundation melalui Instagram ialah dengan memiliki standarisasi dalam mengunggah konten, memuat caption yang menarik untuk dibaca, juga memperhatikan engagement yang dihasilkan. Keywords awareness; bos foundation; social marketing; Pemasaran Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 01:36
Last Modified: 04 May 2021 01:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27214

Actions (login required)

View Item View Item