PERBEDAAN RERATA KENAIKAN BERAT BADAN PADA PENGGUNA KONTRASEPSI HORMONAL SUNTIK DMPA DAN PIL KOMBINASI DI PUSKESMAS KEBON JERUK JAKARTA BARAT

Timotius, Tirtha Maharani (2015) PERBEDAAN RERATA KENAIKAN BERAT BADAN PADA PENGGUNA KONTRASEPSI HORMONAL SUNTIK DMPA DAN PIL KOMBINASI DI PUSKESMAS KEBON JERUK JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kontrasepsi hormonal memiliki beberapa efek samping, salah satunya adalah kenaikan berat badan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenaikan berat badan yang terjadi pada pengguna kontrasepsi hormonal suntik DMPA dan pil kombinasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik cross sectional dengan teknik pengambilan sampel non random convenient sampling. Penelitian ini menggunakan sampel akseptor baru dengan penggunaan selama satu tahun sebanyak 59 responden pengguna suntik DMPA dan 59 responden pengguna pil kombinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 32 responden pengguna suntik DMPA dan 43 responden pil kombinasi mengalami kenaikan berat badan. Diperoleh rerata kenaikan berat badan pada pengguna suntik DMPA dengan uji statistik t-test tidak berpasangan (p-value = 0.024) adalah 0.81 kg dan pada pengguna pil kombinasi (p-value = 0.000) adalah 1.89 kg. Terdapat perbedaan kenaikan berat badan yang bermakna pada penggunaan kontrasepsi hormonal suntik DMPA dan pil kombinasi (p-value = 0.038) yang diuji menggunakan uji statistik t-test tidak berpasangan. Pengguna pil kombinasi mengalami kenaikan berat badan lebih besar daripada pengguna suntik DMPA. Dapat disimpulkan penggunaan suntik DMPA dan pil kombinasi dapat menimbulkan kenaikan berat badan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yapri,Julius Chandra
Uncontrolled Keywords: keluarga berencana, kontrasepsi hormonal, suntik DMPA, pil kombinasi, berat badan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:25
Last Modified: 28 May 2024 02:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27215

Actions (login required)

View Item View Item