ANALISIS DAMPAK STOCK SPLIT TERHADAP HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016

Alisa, Karina (2018) ANALISIS DAMPAK STOCK SPLIT TERHADAP HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan perusahaan dalam melakukan kebijakan stock split dan mendapatkan bukti empiris tentang dampak stock split terhadap harga saham perusahaan. Data penelitian diambil dari 25 perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang melakukan stock split pada tahun 2016. Data harga saham masing-masing perusahaan selama satu hari sebelum dan lima hari setelah stock split. Model analisis yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat kepercayaan 95 persen (α = 0,05) melalui teknik analisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 perusahaan yang melakukan kebijakan stock split pada saat yang tepat, ada 2 perusahaan yang berhasil menaikkan harga saham sedangkan dari 20 perusahaan yang melakukan kebijakan stock split pada saat yang tidak tepat terdapat 6 perusahaan yang berhasil menaikkan harga saham. Perusahaan yang berhasil melakukan stock split adalah perusahaan yang harga sahamnya naik, karena setelah stock split nilai nominal dan harga pasar saham per lembar akan jauh lebih kecil dari sebelumnya, menyebabkan permintaan pasar, sehingga diharapkan harga saham akan naik di masa depan. . Karena tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan harga sahamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2021 07:40
Last Modified: 03 May 2021 07:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27239

Actions (login required)

View Item View Item