Satirisme Cerdas Iklan Djarum 76 Filter Gold Versi Caleg Cerdas (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Noriega, Octav (2020) Satirisme Cerdas Iklan Djarum 76 Filter Gold Versi Caleg Cerdas (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract This research discusses satirism in Djarum 76 Filter Gold advertisement - Caleg Cerdas version. This research uses Roland Barthes's semiotic thinking approach. Where the meaning of the message is obtained from the first sign (denotation) in the form of audiovisual that appears and captured by our five senses and has another meaning behind the first meaning (connotation) and the second meaning (myth). Djarum 76 Filter Gold advertisement Caleg Cerdas version aired during the democratic party took place or before May 21, 2019. The element of satirism in this ad is displayed with humor where these elements as a whole can be found scene by scene in this ad. From the results of the study there were six (6) types of satirism / satire for the legislative candidates: Empty Brain, Ecek-Ecek Brain, Off-Air Brain, Wani Piro Brain, Dugem Brain and Music. After concluding, it can be concluded that there is a satirism contained in Djarum 76 Filter Gold adverstisment – Caleg Cerdas version is legitaslitve candidates are stupid, believes in mystical things and hopes somethins instant without working hard. Penelitian ini membahas tentang bagaimana gaya satirisme cerdas dalam iklan Djarum 76 Filter Gold versi Caleg Cerdas. Penelitian ini menggunakan pendekatan pemikiran semiotika Roland Barthes. Dimana makna pesan tersebut diperoleh dari tanda pertama (denotasi) berupa audio visual yang muncul dan ditangkap oleh panca indera kita serta memiliki makna lain dibalik makna pertama (konotasi) dan makna kedua (mitos). Iklan Djarum 76 Filter Gold versi Caleg Cerdas ditayangkan saat pesta demokrasi berlangsung atau sebelum tanggal 21 Mei 2019. Unsur satirisme pada iklan ini ditampilkan dengan penuh humor dimana unsur-unsur ini secara keseluruhan dapat ditemukan adegan per adegan dalam iklan ini. Dari hasil penelitian terdapat enam(6) macam sindiran/satire untuk para caleg yaitu: Otak Kosong, Otak Ecek-Ecek, Otak Off-Air, Otak Wani Piro, Otak Dugem dan Musik. Setelah disimpulkan, dapat disimpulkan terdapat makna satir yang terkandung pada iklan Djarum 76 Filter Gold versi Caleg Cerdas berupa seorang caleg yang kurang pintar yang mempercayai hal klenik atau mistis dan mengharapkan suatu hal yang instan tanpa bekerja keras. Keywords djarum 76 advertisement; roland barthes; semiotics analysis; satirism; smart legislative candidates; analisi semiotika; caleg cerdas; satirisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 01:35
Last Modified: 04 May 2021 01:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27244

Actions (login required)

View Item View Item