Strategi Penigkatan Kualitas pada Rantai Pasok Operasi Waste4Change dengan Menggunakan Metode HOQ dan QSPM

Jeffry, Jeffry (2020) Strategi Penigkatan Kualitas pada Rantai Pasok Operasi Waste4Change dengan Menggunakan Metode HOQ dan QSPM. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160087_Jeffry_01 Cover.pdf

Download (198kB)
[img] Text
545160087_Jeffry_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (208kB)
[img] Text
545160087_Jeffry_03 Abstrak.pdf

Download (381kB)
[img] Text
545160087_Jeffry_04 Daftar Isi.pdf

Download (766kB)

Abstract

Dalam PERPRES NO 97 thn 2017 yang berisi tentang kebijakan dan strategi pengolahan sampah, mentargetkan sampai thn 2025, terjadi penanganan sampah 70% dan pengurangannya sampai 30%. Untuk mencapai target tersebut maka dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan instansi terkait, salah satunya adalah Waste4Change. Waste4Change perusahaan sosial yang didirikan pada tahun 2014 dengan misi memberikan layanan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab untuk Indonesia bebas sampah. Karena layanan pengolahan sampah masih tergolong sedikit dan baru, sehingga masih ada masalah dalam rantai pasok. Maka diperlukan strategi strategi yang yang tepat supaya perusahaan dapat mengambil keputusan dengan tepat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi terhadap rantai pasok strategi Waste4Change. Metode analisis yang digunakan yakni IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM dan HOQ. Hasil penelitian berdasarkan analisis QSPM strategi prioritas adalah Mempertahankan dan meningkatkan servis dan kualitas produk yang ada melalui pembaharuan sistem dengan nilai 6,471. Bedasarkan analisa HOQ diperoleh atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama dilihat dari tingkat kepentingannya yakni Penerapan dan pembaharuan SOP dengan nilai 0,18. Hasil analisis dua alat analisis QSPM dan HOQ sangatlah berkaitan. Mempertahankan dan meningkatkan servis dan kualitas produk yang ada melalui pembaharuan sistem (hasil analisis QSPM) dapat di lakukan dengan menganalisa kebutuhan konsumen dan mengembangkan sistem pelayanan terhadap kebutuhan konsumen yang menjadi prioritas utama yaitu. Layanan pengangkut sampah dan petugasnya mengangkut sampah sesuai yang dijanjikan (hasil analisis HOQ), dan penerapannya yang utama harus dilakukan dengan pelayanan yang menjadi prioritas utama dilihat dari tingkat kepentingannya yaitu Penerapan dan pembaharuan SOP. Dengan adanya penerapan dan peningkatan SOP maka mutu pelayanan terhadap konsumen akan meningkat. Kata Kunci: Waste4Change, Rantai Pasok, SWOT, QSPM, HOQ

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 11:13
Last Modified: 03 May 2021 11:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27271

Actions (login required)

View Item View Item