Perencanaan Kebutuhan Pendistribusian Telur dengan Metode Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus Peternakan Telur Ati Tanjungpinang)

Wahyudi, Dicky (2021) Perencanaan Kebutuhan Pendistribusian Telur dengan Metode Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus Peternakan Telur Ati Tanjungpinang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545170050_Dicky Wahyudi_1 Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
545170050_Dicky Wahyudi_2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
545170050_Dicky Wahyudi_3 Abstrak.pdf

Download (47kB)
[img] Text
545170050_Dicky Wahyudi_5-7 Daftar Isi.pdf

Download (55kB)

Abstract

Peternakan Ati adalah badan usaha yang bergerak di bidang peternakan ayam petelur. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, sistem distribusi yang diterapkan oleh peternakan Ati masih terbilang kuno, dikarenakan pengiriman telur akan dikirimkan begitu ada pesanan telur pemasok pada masing-masing wilayah. Fluktuasi permintaan telur yang tidak menentu menyebabkan biaya operasi yang cukup tinggi apabila belum adanya penjadwalan perencanaan kebutuhan distribusi yang tepat. Tidak hanya itu, telur yang dihasilkan tiap hari oleh peternakan Ati merupakan produk yang bisa busuk sehingga produk tersebut perlu segera didistribusikan ke pemasok telur. Dengan itu, dalam penelitian ini digunakan metode Distribution Requirement Planning (DRP) untuk perencanaan penjadwalan distribusi dengan penentuan jumlah pemesanan menggunakan teknik Lotting Size dengan jumlah pemesanan ekonomis (EOQ). Akhirnya, dengan penerapan kedua metode tersebut dapat menurunkan biaya distribusi sebesar 46.4% dan jumlah pengiriman dapat dioptimalkan juga oleh peternakan Ati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: forecasting, distribution needs planning, distribution costs, egg distribution
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 13:15
Last Modified: 21 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item View Item