Penjadwalan Produksi Flow shop Menggunakan Algoritma CDS, Algoritma Bat, dan Algoritma Tabu Search pada PT. Dynaplast Jatake

Elliani, Maria Fatima Gracia Charista (2020) Penjadwalan Produksi Flow shop Menggunakan Algoritma CDS, Algoritma Bat, dan Algoritma Tabu Search pada PT. Dynaplast Jatake. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545170067_Maria Fatima Gracia Charista Elliani_01 Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
545170067_Maria Fatima Gracia Charista Elliani_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (14kB)
[img] Text
545170067_Maria Fatima Gracia Charista Elliani_03 Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
545170067_Maria Fatima Gracia Charista Elliani_04 Daftar Isi.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penjadwalan produksi merupakan proses yang penting khususnya dalam industri manufaktur ataupun jasa untuk mengambil keputusan mengalokasikan sumber daya yang ada agar lebih teratur, efektif serta efisien. Penjadwalan produksi dapat diartikan sebagai proses mengendalikan, mengatur dan mengoptimalkan kerja dalam sebuah proses produksi atau proses manufaktur agar mendapatkan waktu yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisasi makespan penjadwalan pada PT. Dynaplast Jatake. Penjadwalan aktual perusahaan mempunyai makespan sebesar 4954,73 yang menunjukan bahwa PT. Dynaplast dalam pelaksanaan penjadwalan produksi nya belum maksimal dan masih menggunakan metode FIFO (First In First Out). Produk yang dihasilkan PT. Dynpalast Jatake pada bagian blow molding adalah Morning Fresh, Arrow, Wendy, ZWT, dan NBE. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Algoritma CDS (Campbell, Dudek and Smith), Algortima Bat, dan Algoritma Tabu Search. Pada algoritma CDS, urutan job Wendy – Arrow – Morning Fresh – ZWT – NBE yang mempunyai nilai makespan sebesar 4935,72 detik. Sedangkan pada Algoritma Tabu Search, urutan jobnya adalah Wendy – Arrow – Morning Fresh – ZWT – NBE yang mempunyai nilai makespan yang sama dengan Algoritma CDS yaitu sebesar 4935,72 detik. Pada Algoritma Bat, nilai makespan terkecil yaitu sebesar 4620 detik pada kelelawar ke-4 dengan urutan job Arrow – NBE – Morning Fresh (MF) – ZWT – Wendy. Sehingga, berdasarkan perhitungan manual, metode Algoritma Bat yang paling baik untuk penjadwalan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Produksi, Penjadwalan Flowshop, Algoritma CDS, Algoritma Bat, Algoritma Tabu Search
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 14:11
Last Modified: 21 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27293

Actions (login required)

View Item View Item