Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Pada Produksi Paku Ukuran ¾” dengan Menggunakan Metode Lean Six Sigma (Studi Kasus PT. Paku Gajah Mas)

Febrianty, Sherlly (2021) Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Pada Produksi Paku Ukuran ¾” dengan Menggunakan Metode Lean Six Sigma (Studi Kasus PT. Paku Gajah Mas). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545170073_Sherlly Febrianty_01 Cover.pdf

Download (66kB)
[img] Text
545170073_Sherlly Febrianty_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (99kB)
[img] Text
545170073_Sherlly Febrianty_03 Abstrak.pdf

Download (71kB)
[img] Text
545170073_Sherlly Febrianty_04 Daftar Isi.pdf

Download (211kB)

Abstract

Lean Six Sigma merupakan upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas suatu proses produksi dengan mengeleminasi waste dan meminimaslisir defect. Peneliti melaukukan penelitian pada PT. Paku Gajah Mas yang memiliki presentase kecacatan produk paling tinggi sebesar 5% dengan menggunakan pendekatan DMAIC. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengeliminasi waste dan meminimalisir defect produksi paku ukuran ¾”. Pada tahap define dilakukan penggambaran umum perusahaan dengan Diagram SIPOC dan Critical to Quality dan pemilihan produk untuk diteliti. Selanjutnya adalah tahap measure dilakukan perhitungan manufacturing lead time dan process cycle efficiency (PCE) sebesar 14,62% yang akan dipetakan ke dalam current stream mapping. Melalui Analisa menggunakan WRM dan WAQ, diketahui waste tertinggi pada proses produksi paku ukuran ¾ “ adalah defect, inventory dan overproduction. Dalam diagram pareto diketahui jenis defect tertinggi adalah ujung paku yang tidak runcing, kepala paku tidak center dan body bengkok. Berbagai jenis waste akan cari akar permasalahannya dengan Fault Tree Analysis dan FMEA sehingga menghasilkan usulan perbaikan. Usulan perbaikan yang diimplemntasikan adalah pembuatan standaraisasi dimensi paku dan cheecksheet perawatan mesin , inventory dan checksheet pengendalian kualitas bagian ujung paku. Hasil dari implementasi usulan perbaikan menghasilkan penurunan defect pada produksi paku ukuran ¾” , peningkatan nilai PCE menjadi 72,99% dan DPMO menurun sebesar 75,76% serta tingkat sigma meningkat sebesar 11,13% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lean Six Sigma, DMAIC, Value Stream Mapping,PCE, FMEA
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 May 2021 14:34
Last Modified: 21 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item