TINGKAT KEPATUHAN PENDERITA MIOPIA DALAM PENGGUNAAN KACAMATA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2012

Tjuatja, Elisia Fitri (2015) TINGKAT KEPATUHAN PENDERITA MIOPIA DALAM PENGGUNAAN KACAMATA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelainan refraksi adalah gangguan mata manusia yang paling umum di dunia dan merupakan masalah kesehatan global yang signifikan. Miopia merupakan salah satu bentuk kelainan refraksi yang paling banyak diderita oleh pelajar. Salah satu bentuk koreksi yang paling mudah dan murah untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan kacamata. Koreksi pada miopia penting dilakukan untuk menghindari komplikasi seperti kebutaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepatuhan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2012 dalam menggunakan kacamata dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif cross-sectional. Data penelitian dilakukan dengan melakukan pemeriksaan derajat miopia, wawancara, dan pengisian kusioner pada responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa 46,4% responden selalu menggunakan kacamatanya, 20,2% responden sering menggunakan kacamatanya (> 50% of times), dan 31% responden menggunakan kacamatanya hanya ketika dibutuhkan (< 50% of times). Pada penelitian ini juga didapatkan sebanyak 2,4% responden yang menderita miopia tetapi tidak menggunakan kacamata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kumala, Meilani
Uncontrolled Keywords: miopia, kacamata, kepatuhan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:24
Last Modified: 28 May 2024 02:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27328

Actions (login required)

View Item View Item