PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP RERATA TEKANAN DARAH PADA WANITA DEWASA DI TANGERANG SELATAN AGUSTUS 2014-DESEMBER 2015

MERCY, Vanessa Angela (2015) PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP RERATA TEKANAN DARAH PADA WANITA DEWASA DI TANGERANG SELATAN AGUSTUS 2014-DESEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tekanan darah adalah tekanan yang dihasilkan oleh darah terhadap pembuluh darah. Tekanan darah harus dijaga agar tetap berada dalam batas normal. Apabila tekanan darah seseorang berada di atas batas normal secara terus menerus, berarti orang tersebut menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi menjadi faktor risiko yang paling penting bagi penyakit jantung coroner dan penyakit serebrovaskular (stroke). Hipertensi merupakan masalah kesehatan dunia yang menjadi salah satu penyebab kematian dini. Salah satu cara yang diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah adalah olahraga aerobik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam aerobik terhadap tekanan darah pada wanita dewasa di Tangerang Selatan periode Agustus 2014-Desember 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan desain kohort prospektif. Subjek penelitian adalah wanita dewasa yang berolahraga senam aerobik yang memenuhi kriteria inklusi. Peneliti melihat pengaruh senam aerobik terhadap tekanan darah dengan mengukur tekanan darah sebelum dan setelah subjek penelitian berolahraga selama 4-52 minggu (median 16 minggu).Data penelitian diolah dengan program SPSS-16 menggunakan uji analitik Wilcoxon. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rerata tekanan darah responden sebelum berolahraga senam aerobik dalam jangka waktu tersebut adalah 116,96/76,30 mmHg dan setelahnya adalah 117,65/78,35 mmHg. Tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara senam aerobik dengan rerata tekanan darah pada wanita dewasa tersebut. Tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara senam aerobik dengan rerata tekanan darah pada wanita dewasa tersebut. Namun, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. Diharapkan agar peneliti selanjutnya dapat melengkapi dengan memperhatikan keteraturan subjek dalam melakukan senam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Halim, Susilodinata
Uncontrolled Keywords: Senam Aerobik, Tekanan Darah Sistolik, Tekanan Darah Diastolik. Senam Aerobik, Tekanan Darah Sistolik, Tekanan Darah Diastolik.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:33
Last Modified: 27 May 2024 13:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27330

Actions (login required)

View Item View Item