Analisis Putusan Pengadilan Agama Bantaeng Tentang Pemberian Dispensasi Perkawinkan Anak Dibawah Umur, (Studi Putusan: PutusanHPengadilanHAgamaHBantaeng Nomor 42/Pdt.HP/2018/PA.Batg AtasHPemberianHDispensasiHPerkawinanHAnakHDibawahHUmur).

Awaloei, Chika Angelica (2020) Analisis Putusan Pengadilan Agama Bantaeng Tentang Pemberian Dispensasi Perkawinkan Anak Dibawah Umur, (Studi Putusan: PutusanHPengadilanHAgamaHBantaeng Nomor 42/Pdt.HP/2018/PA.Batg AtasHPemberianHDispensasiHPerkawinanHAnakHDibawahHUmur). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (580kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (582kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR ABSTRAK DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

(E) Anak-anak adalah generasi penerus negara kita yang hebat. Karena itu, tanggung jawab negara untuk melindungi hak-hak anak. Pada tahun 2019 dengan banyak pertimbangan, Mahkamah Konstitusi meratifikasi UU No. 16 Tahun 2019. Usia minimum pernikahan naik menjadi sembilan belas tahun untuk pria dan wanita. Namun demikian, seorang hakim di Bantaeng, Sulawesi Selatan, memutuskan untuk mengabulkan permohonan dispensasi perkawinan antara seorang pria berusia lima belas tahun dan wanita berusia empat belas tahun. Pertimbangan hakim adalah agar anak perempuan dapat memiliki perlindungan. Penulis menganggap keputusan ini gegabah karena adil untuk mengatakan bahwa secara fisik, mental, dan finansial, pasangan ini belum siap untuk menikah. Dengan menyatukan mereka dalamHpernikahan, anak perempuanHdanHlaki-laki akan berisiko kehilanganHhak-hak tertentuHyang mereka terima sebagai seorang anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mia Hadiati, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, Perlindungan Anak, Dispensasi Perkawinan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 01:53
Last Modified: 04 May 2021 01:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27337

Actions (login required)

View Item View Item