PEMAKNAAN KONTEN DALAM MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI BIGO LIVE DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI)

KESUMA, STELLA (2020) PEMAKNAAN KONTEN DALAM MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI BIGO LIVE DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak stela.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangin bigo live yang memiliki konten negatif dan banyaknya orang yang menggunakan aplikasi Bigo Live ini sehingga menarik banyak perhatian. Peneliti memilih Bigo Live karena memiliki interaksi yang kuat dengan masyarakat di media sosial. sehingga peneliti tertarik untuk meneliti karena Bigo Live membahas konten yang sedang ramai menarik perhatian masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemaknaan khalayak terhadap konten yang ada di dalam bigo live. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis resepsi dengan metode penelitian kualitatif. Analisis Studi Resepsi menggunakan kriteria pembaca teks media yaitu Pembaca Dominan (dominant hegemonic position), Pembaca Negosiasi (negotiated code/position), dan Pembaca Oposisi (operational code/position). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pemaknaan khalayak terhadap konten dalam media sosial Bigo Live, khalayak tergolong kategori negosiasi (negotiated position).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 01:59
Last Modified: 04 May 2021 01:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27340

Actions (login required)

View Item View Item