PREVALENSI KELENTURAN TULANG BELAKANG PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2012 BULAN NOVEMBER 2015

IGNACIA, Callista (2016) PREVALENSI KELENTURAN TULANG BELAKANG PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2012 BULAN NOVEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (378kB)
[img] Text
ference.pdf

Download (375kB)

Abstract

Kelenturan adalah sesuatu yang penting, karena bukan hanya mencegah cedera ketika melakukan beberapa gerakan, namun juga mendukung kesehatan tulang belakang di masa depan. Namun kelenturan adalah hal yang kurang mendapat perhatian dari remaja dan dewasa muda, terutama mahasiswa yang cenderung pasif bergerak seperti membaca dan bekerja di depan layar komputer sepanjang waktu, sehingga kurang melakukan aktivitas fisik atau peregangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prevalensi kelenturan tulang belakang pada mahasiswa-i FK Untar angkatan 2012. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat pada bulan November 2015. Ada 96 sampel yang didapatkan. Seluruh responden telah memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada adalah kuesioner. Data dianalisa dengan program SPSS 18. Sav. Secara statistik didapatkan persentase yang lebih tinggi pada mahasiswa dengan tulang belakang yang kurang lentur yaitu sebanyak 53(55.7%) responden di mana 44(83%) diantaranya adalah perempuan dan 9(16.9%) laki-laki. Penelitian ini diharapkan dapat membantu sebagai dasar penelitian yang lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Haming, Tjie
Uncontrolled Keywords: Peregangan, kelenturan tulang belakang
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:31
Last Modified: 27 Oct 2021 02:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27344

Actions (login required)

View Item View Item