KARAKTERISTIK KOSMETIKA PERAWATAN KULIT YANG DIGUNAKAN OLEH MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2014 PENDERITA AKNE VULGARIS

CHRISTY, Prestise (2016) KARAKTERISTIK KOSMETIKA PERAWATAN KULIT YANG DIGUNAKAN OLEH MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2014 PENDERITA AKNE VULGARIS. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (398kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (389kB)

Abstract

Latar Belakang: Akne vulgaris (AV) merupakan penyakit kulit yang umum dijumpai di Indonesia terutama pada usia remaja. Berdasarkan catatan Kelompok Studi Dermatologi Kosmetika Indonesia, terdapat 60% penderita AV pada tahun 2006 dan 80% pada tahun 2007. Insidensi terbanyak pada usia 14-17 tahun bagi wanita. Derajat keparahan AV dibagi menjadi ringan, sedang, dan berat. Perawatan kulit bagi penderita AV bertujuan untuk mengatasi masalah AV yang dialami, terdiri dari kosmetika pembersih, kosmetika pelembab, kosmetika pelindung, kosmetika tabir surya, kosmetika penipis, dan kosmetika dekoratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kosmetika perawatan kulit yang digunakan dan insiden AV pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014 yang menderita AV. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan metode cross sectional dan total sampel sebanyak 69 orang mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2014 penderita AV. Sampel diambil secara consecutive random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pemeriksaan derajat AV oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Hasil penelitian: Diperoleh hasil penelitian usia terbanyak yang mengalami AV adalah 18 tahun (46,4%), frekuensi mencuci wajah terbanyak adalah 3x sehari (46,4%), bentuk sediaan sabun wajah terbanyak yang digunakan adalah sabun cair tanpa scrub (63,8%), kebanyakan menggunakan produk perawatan yang dijual bebas (68,6%), mayoritas merasa perawatan sangat penting (58,0%), mayoritas mahasiswi mengalami AV derajat ringan (56,5%), seluruhnya menggunakan kosmetika pembersih berupa sabun wajah (100%), kosmetika pelembab wajah (69,6%), kosmetika tabir surya wajah (58%), kosmetika penipis wajah berupa scrub (31,9%), dan kosmetika dekoratif terbanyak berupa bedak tabur (47,8%). Kesimpulan: Mayoritas mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014 penderita AV memiliki kesadaran (awareness) yang baik akan pentingnya merawat kulitnya dengan menggunakan pembersih, pelembab, pelindung, tabir surya, penipis, dan kosmetika dekoratif. Mereka senantiasa menjaga kebersihan kulit wajahnya dengan baik setidaknya mencuci wajah 2 sampai 3x sehari dengan sabun cair yang tidak mengandung scrub. Mereka menggunakan bedak tabur yang tidak berpengaruh buruk untuk masalah AV yang dialami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wijayadi, Linda Yulianti
Uncontrolled Keywords: Akne vulgaris, mahasiswi, kosmetika, perawatan kulit
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:30
Last Modified: 26 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item