PENGARUH JARINGAN BISNIS, PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA UKM DALAM BIDANG KULINER DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI JAKARTA BARAT

Leonardo, Erick (2021) PENGARUH JARINGAN BISNIS, PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA UKM DALAM BIDANG KULINER DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini 1) untuk menguji pengaruh antara jaringan bisnis terhadap kinerja usaha. 2) untuk menguji pengaruh antara penggunaan teknologi terhadap kinerja usaha. 3) untuk menguji pengaruh antara orientasi pasar terhadap kinerja usaha. 4) untuk menguji pengaruh keunggulan kompetitif terhadap kinerja usaha. 5) untuk menguji pengaruh keunggulan kompetitif sebagai mediasi antara jaringan sosial dan bisnis untuk kinerja usaha. 6) untuk menguji pengaruh keunggulan kompetitif sebagai mediasi antara orientasi pasar untuk kinerja usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dan secara manual. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden yang merupakan pemilik usaha kecil dan menengah bidang kuliner di Jakarta Barat. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan jaringan bisnis berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja usaha, penggunaan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, keunggulan kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jaringan bisnis terhadap kinerja usaha dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel mediasi, serta pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar terhadap kinerja usaha dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel mediasi. Kata Kunci: Jaringan Bisnis, Penggunaan Teknologi, Orientasi Pasar, Keunggulan Kompetitif, Kinerja Bisnis. Sarwo Edy Handoyo, S.E., M.M., Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 02:48
Last Modified: 03 Apr 2023 04:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27366

Actions (login required)

View Item View Item